free web tracker
Beranda » Blog » Wisata Turki Di Selat Bosphorus yang Eksotis, Wajib Tahu Sebelum Anda Berangkat ke Turki

Wisata Turki Di Selat Bosphorus yang Eksotis, Wajib Tahu Sebelum Anda Berangkat ke Turki

Selat Bosphorus Turki

Selat Bosphorus Turki

Negara Turki memang unik. Negara ini terletak di antara dua benua, Eropa dan juga Asia. Perpaduan antara keindahan alam, budaya, sekaligus gaya arsitektur antara kedua benua dapat Anda temukan di Turki, tepatnya di Kota Istanbul ini.

Kota Istanbul terbelah menjadi dua bagian di dua benua yang hanya dibatasi oleh Selat Bosphorus. Selat Bosphorus jugalah yang memisahkan antara Turki bagian Asia dan Turki bagian Eropa. Inilah yang menjadikan wisata Turki di Selat Bosphorus begitu eksotis.

Selain itu, Selat Bosphorus juga menghubungkan antara laut Hitam dengan laut Marmara. Laut Marmara ini terhubung dengan Laut Aegea, yang dalam cerita Homer merupakan jalur yang digunakan oleh Achilles untuk menyerang Troy di Asia Minor, dan lebih ke selatan menuju ke laut Tengah.

Sejak zaman Yunani kuno sebelum kejayaan era Bizsntium dan Usmani, Selat Bosphorus memang telah menjadi bandar perdagangan rempah yang ramai. Secara keseluruhan, selat ini mempunyai panjang sekitar 30 km, lebar maksimum 3.7 km dan lebar minimum 750 m. Kedalaman selat ini antara 36 meter hingga 124 meter. Melihat dikanan dan kiri selat Anda akan merasakan sensasi keindahan wisata Turki di Selat Bosphorus secara sempurna.

Selat Bosphorus Sebagai Saksi Sejarah

Museum Rumeli Hisari

Museum Rumeli Hisari

Selat Bosphorus menjadi saksi Al Fatih saat memimpin pasukan islam menaklukkan Konstantinopel. Melalui selat inilah AlFatih masuk menuju konstantinopel. Pada saat itu, pasukan Romawi yang kaya akan pengalaman berperang tidak akan membiarkan penyerangan pasukan islam terjadi begitu saja. Sehingga pasukan Romawi memasang rantai besar melintasi Selat Bosphorus.

Dengan dipasangnya rantai-rantai besar yang melintang di Selat Bosphorus, pasukan Romawi berharap kapal-kapal perang AlFatih tidak dapat melintasinya. Akan tetapi AlFatih juga tidak kalah jeniusnya menyiapkan rencana penyerangan tersebut.

Di tengah malam yang buta, bersama dengan pasukan yang dipimpinnya, ia memindahkan kapal-kapal perang Ottoman yang berjumlah 70 buah dengan cara mengangkat kapal itu ke daratan agar dapat melintasi pagar rantai bawah laut.

Bisa dibayangkan betapa beratnya perjuangan AlFatih menaklukkan Konstantinopel. Setelah menaikkan kapalnya ke daratan, pasukan Alfatih menariknya di daratan terus menerus hingga melewati rantai besar yang dipasang di bawah laut, lalu kapal-kapal itu dimasukkan lagi ke lautan.

Dengan cara demikianlah, AlFatih mampu menaklukkan Konstantinopel, menyerang titik paling lemah Benteng Romawi yang luasnya mencapai 21 km persegi dan terdiri dari dua lapis (lapis pertama selebar 2 meter dan lapis kedua setebal 4 meter). Romawi sepertinya lalai terhadap kemungkinan serangan dengan cara mengangkat kapal melalui daratan yang dilakukan pasukan Islam.

Selat Bosphorus juga menjadi saksi sejarah ribuan tahun bagaimana Istanbul menjadi ibu kota Bizantium, Kesultanan Turki Usmani, hingga menjadi Republik Turki era modern, sebelum Mustafa Kemal memindahkannya ke Kota Ankara pada tahun 1937.

Berwisata Di Selat Bosphorus

Bosphorus Cruise

Bosphorus Cruise

Menikmati wisata Turki di Selat Bosphorus akan menjadi pengalaman Anda yang tak kan terlupakan. Begitu Anda sampai di dermaga, akan ada banyak sekali orang yang menawarkan tiket Bosphoruse Cruise. Bosphorus Cruise banyak tersedia dalam berbagai rute. Baik rute jarak pendek maupun dengan jarak tempuh yang lebih jauh.

Banyak juga turis lokal yang berlibur dengan menaiki kapal di Selat Bosphorus. Hal ini menunjukkan bahwa Selat Bosphorus juga cukup terkenal di kalangan wisatawan lokal.

Ketika kapal yang Anda naiki mulai berlayar, usahakan jangan sampai Anda hanya duduk duduk di dalam ruangan kapal. Keluarlah ke bagian dek kapal dan nikmati panorama keindahan alam di Selat Bosphorus yang selalu bersih dijaga oleh penduduk sekitarnya.

Dari atas dek kapal, Anda akan melihat hamparan lukisan alam yang indah tersaji di depan mata. Dikanan dan kiri kapal, Anda akan melihat banyak sekali landmark negara Turki dan bangunan-bangunan yang beraneka ragam dengan berbagai gaya arsitektur. Baik arsitektur khas Asia, Eropa, bahkan khas Mediterania. Pemandangan yang mengagumkan ini akan memanjakan mata Anda.

Di selat ini juga Anda akan bisa melihat wisata Turki di Selat Bosphorus lainnya yang tak kalah menarik yaitu keindahan jembatan penghubung antara dua benua, Jembatan Fatih Sultan Memet. Jembatan ini dibangun pada tahun 1988, pada saat itu, jembatan ini menjadi jembatan gantung terpanjang kelima di dunia.

Jembatan Fatih Sultan Mehmet diambil dari nama Sultan Usmaniyah pada abad ke 15 (Mehmed sang penakluk), yang berhasil menakukkkan Ibu Kota Bizantium, Konstantinopel  pada tahun 1453.

Beberapa Objek Wisata yang Dapat Anda Nikmati Dengan Kapal Bosphorus Cruise

  1. Istana Dolmabahce
Istana Dolmabahce Turki

Istana Dolmabahce Turki

Dari atas Kapal Bosphorus cruise, Anda bisa menikmati keindahan Istana Dolmabahce yang begitu mewah. Dengan segala kemewahan, kemegahan, serta kebesarannya, istana ini menjadi pusat administrasi utama kesultanan Ottoman.

  1. Istana Topkapi
Istana Topkapi

Istana Topkapi

keindahan wisata Turki di Selat Bosphorus kedua yang dapat Anda nikmati dari atas kapal yaitu istana Topkapi. Istana Topkapi merupakan istana Kekaisaran Ottoman yang ditinggali antara tahun 1465-1853.

Letak istana ini hanya beberapa puluh meter dari Grand Mosque, Grand Bazaar serta Hagia Sophia. Istana Topkapi mempunyai ukuran yang sangat luas, konon di dalamnya tinggal 4000 orang lebih. Pagar benteng yang mengelilinginya masih utuh dan yang bagian menyebrang jalan sebagian sudah roboh karena pembangunan jalan raya modern.

  1. Maiden Tower
Maiden Tower

Maiden Tower

Wisata Turki di Selat Bosphorus yang dapat dinikmati dari batas kapal selanjutnya adalah Maiden Tower. Menara ini berdiri gagah di tengah-tengah Selat Bosphorus. Menurut cerita yang berkembang, tempat ini adalah istana yang dibangun sultan khusus untuk putrinya yang diramal akan mati disengat oleh ular berbisa.

Agar terhindar dari ramalan itu, maka sang sultan membangun istana di tengah laut untuk mengasingkan putrinya. Namun apa mau dikata, walaupun sang putri telah di asingkan di tempat terpencil, sang putri tetap meninggal disengat oleh ular berbisa yang masuk menyelundup melalui keranjang buah anggur yang dibawa oleh pelayannya.

Letak pulau ini yang begitu strategis membuat tempat ini fungsinya terus berubah. pada tahun 341 Sebelum Masehi, pulau ini pernah dijadikan sebagai tempat Musoleum.

Sementara pada tahun 410 masehi pulau ini berganti fungsi menjadi tempat bea cukai lalu lintas di Selat Bosphorus. Selain itu, tempat ini juga pernah menjadi benteng pengintaian, hingga pada akhirnya pada tahun 1920an menara di pulau kecil ini menjadi Mercusuar.

  1. Masjid Ortakoy
Masjid Ortakoy

Masjid Ortakoy

Keindahan wisata Turki di Selat Bosphorus masih belum berakhir karena disekitar selat ini berdiri Mesjid Ortakoy yang mempunyai taman indah. Mesjid ini memang tidak semegah Mesjid Biru.

Akan tetapi, lokasinya yang berada tepat ditepi Selat Bosphorus membuat masjid ini menjadi sudut yang menarik untuk diabadikan, ditambah dengan pemandangan Kota Istanbul yang menjadi latar belakang semakin menambah cantik pesona dari masjid ini.

Demikianlah beberapa tempat yang dapat Anda nikmati dari atas Selat Bosphorus. Begitu Indah bukan? Akan sangat disayangkan jika Anda melewatkan pesona wisata Turki di Selat Bosphorus begitu saja saat Anda mengunjungi negara ini.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.