free web tracker
Beranda » Blog » Wisata Turki Di Pamukkale, Siap Memanjakan Mata Anda Dengan Keindahan yang Tak Ada Duanya

Wisata Turki Di Pamukkale, Siap Memanjakan Mata Anda Dengan Keindahan yang Tak Ada Duanya

Pamukkale Turki

Pamukkale Turki

Satu lagi pesona wisata Turki yang mampu mencuri perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara yaitu Pamukkale. Karakteristik negara Turki yang menjadi gerbang masuk antara Eropa dan Asia memang sangat unik. Selain perpaduan budaya yang berbeda antara budaya islam dan budaya barat. Wisata sejarah dan alam negara Turki juga tak kalah indah.

Pamukkale merupakan objek wisata pemandian air panas di Turki. Situs wisata alam ini terletak di Denizili, Turki. Tempat ini adalah salah satu keajaiban alam yang luar biasa. Air hangat yang kaya akan mineral serta memiliki suhu 35 derajat celcius ini berasal dari air yang jatuh dari puncak gunung. Tak aneh jika UNESCO memasukkan Pamulakke sebagai salah satu warisan dunia.

Wisata Turki di Pamukkale ini adalah wisata alam yang terlihat seperti istana kapas, dikarenakan tempatnya berwarna putih yang tersusun atas bebatuan yang berwarna putih. Bebatuan tersebut berbentuk menyerupai kolam dengan air panasnya yang alami. Banyak wisatawan dari berbagai negara yang sengaja mengunjungi ke tempat ini untuk berendam di kolam kolam bebatuan air panas tersebut.

Dalam bahasa Turki, Pamukkale memiliki arti benteng kapas. Sesuai dengan namanya, sumber air panas di tempat ini memang tampak menyerupai tumpukan kapas berwarna putih. Warna putih tersebut berasal dari hidrogen karbonat dan kalsium yang berasal dari kandungan air panas. Akibat kandungan dalam air panas tersebut yang terus meningkat, lama kelamaan lokasi ini membentuk lapisan kapur putih.

Wisata Turki di Pamukkale ini berjarak sekitar 20 km dari utara Kota Denizil, memiliki pemandangan alam dengan sumber air panas yang tiada duanya. Pamukkale telah dijadikan sebagai tempat untuk spa sejak jaman Romawi berupa Hierapolis pada saat musim semi tiba. Kolam air panas tersebut dipenuhi dengan material marmer yang diambil dari kuil Apollo, Roma.

Pamukkale Hierapolis

Pamukkale Hierapolis Turki

Pamukkale merupakan taman nasional air terjun di kawasan Lereng Travertine dengan dinding tebing setinggi 20 meter di sepanjang bukit pegunungan bernama Cokelez. Ketinggian lembah air terjun ini kurang lebih sekitar 200m di atas Curuksu yang meluas sekitar 6 kilometer persegi disekitar Desa Karahayit.

Kolam yang ada di lokasi tersebut mempunyai keunikan tersendiri dibanding yang lainnya dikarenakan ukurannya yang begitu luas mengarah ke Kompleks Utara Alasheir sekitar 70 kilometer persegi dan barat disepanjang Lembah Sungai Menderes.

Wisata Turki di Pemukkale ini memiliki panjang keseluruhan 2700 meter, dengan lebar 600 meter dan tinggi 160 meter. Dahulu tepat di atas wisata tempat ini dibangun Yunani-Romawi Kuno dan Kota Bizantium dari Hierapolis. Hal tersebut dapat diketahui dari bukit-bukit yang berada disisi berlawanan dari lembah di Kota Denizili. Untuk suhu air panasnya bisa mencapai antara 35 hingga 100 derajat celcius.

Dengan kecantikan tebing putih yang terbentuk dari mineral air panas yang mengendap dari tahun ke tahun sehingga terbentuk seperti air terjun beku, dari sinilah wisata Turki di Pamukkale ini mampu memikat hati para wisatawan dari seluruh penjuru dunia.

Banyak para pengunjung yang memanfaatkan tempat ini sebagai terapi pengobatan berbagai penyakit dengan cara berendam air panas alami, meski tak jarang pula para wisatawan yang hanya datang untuk sekadar menikmati keindahan alamnya dengan berfoto ria.

Lereng Pamukkale

Lereng Pamukkale

Dalam catatan awal bagaimana wisata Turki di Pamukkale Ini bisa menjadi perhatian banyak orang dikarenakan terdapat cerita seorang backpacker yang melakukan perjalanan ke negara Turki. Sang backpacker tersebut kemudian menginap di sebuah hotel di Pamukkale, sambil berendam di dalam air panas.

Setelah menikmati pengalaman wisata ke tempat ini, ia akhirnya menulis cerita tentang pengalaman pribadi dan keindahan alam yang ia jumpai. Pemerintah setempat akhirnya mengembangkan potensi wisata Turki di Pamukkale tersebut dengan memperbaiki akses jalan menuju Pamukkale dan sekitarnya, dengan tujuan supaya lebih banyak pengunjung yang tertarik untuk datang ke tempat ini.

Lalu bagaimana cara menuju ke tempat wisata ini? Apabila anda telah sampai ke Bandara Sabiha Gocken, Anda bisa kemudian menggunakan jasa travel atau bus yang telah tersedia di bandara untuk menuju Istanbul Atasher. Dari Istanbul Atasher, perjalanan kemudian dilanjutkan menuju Denizili Ottogar. Perjalanan yang harus Anda tempuh lumayan jauh karena memakan waktu hingga 8 jam lamanya.

Perjalanan belum berakhir sampai Denizili saja. apabila Anda telah sampai di Denizili, Anda dapat menggunakan Dolmus sejenis kendaraan angkot khas Turki untuk menuju Pamukkale selama kurang lebih 30 menit perjalanan darat.

Ketika sampai di Lereng Travertines, disitu banyak terdapat hotel, toko-toko dan kantor penjualan tiket masuk. Beberapa kilometer kearah utara terdapat desa bernama Krahayit yang dikelilingi oleh hotel dan dipadati banyak bus pengunjung. Jika Anda memilih untuk menggunakan mobil pribadi, disana banyak terdapat jasa porter yang akan menanyakan keperluan kita terkait hotel, souvenir dan lain-lain.

Hierapolis Turki

Hierapolis Turki

Untuk dapat memasuki wisata Turki di Pamukkale, para pengunjung akan dikenakan biaya sebesar 20 Lira atau sekitar 106.000 Rupiah. Sedangkan untuk para mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di Turki dan memiliki Muzekart atau kartu museum tidak akan dikenakan biaya masuk alias gratis.

Untuk pembuatan Muzekart sendiri, Anda cukup menunjukkan kartu mahasiswa dan membayar biaya administrasi sebesar 15 Lira, dan dalam waktu 5 menit kartu tersebut sudah siap untuk digunakan.

Dari pintu masuk wisata Turki di Pamukkale ini, Anda akan berjalan terlebih dahulu melewati reruntuhan-reruntuhan bekas Kerajaan Romawi Kuno. Sepanjang jalan Anda akan disuguhkan pemandangan betapa megahnya kerajaan ini pada tempo dulu. Mulai dari tempat tidur raja, tempat hiburan rakyat yang disebut dengan Hierapolis coliseum, tempat gladiator bertanding.

Setelah melewati reruntuhan bekas Kerajaan Romawi, Anda akan masuk ke pegunungan kapas putih yang indah. Disini Anda akan disuguhi pemandangan yang begitu indah selama menuruni gunung. Selain itu, Anda juga diharuskan untuk melepas alas kaki saat mulai menuruni gunung ini. Hal ini dilakukan demi menjaga kelestarian situs wisata ini agar tidak rusak dari pijakan sepatu atau sandal yang Anda pakai.

Ditempat ini, Anda akan mudah menjumpai turis wisatawan dari berbagai dunia, terutama negara-negara Asia Tenggara. Hal tersebut tak mengherankan, mengingat negara Turki memang menjadi salah satu destinasi favorit para pelancong Asia Tenggara, termasuk Indonesia dan Malaysia.

St. Philip Martyrium

St. Philip Martyrium

Hampir setiap hari penerbangan Turkish Airline rute Jakarta Istanbul selalu terisi penuh dengan wisatawan pecinta keindahan negara Turki. Selalu ada tempat-tempat yang harus dikunjungi di setiap kota di Negara Turki. Dan salah satu tempat paling favorit adalah wisata Turki di Pamukkale ini.

Dan hal yang perlu Anda ingat adalah waktu yang paling pas untuk berkunjung ke wisata Turki di Pamukkale adalah ketika musim semi sedang berlangsung atau sekitar bulan April – Mei, karena saat itu suhu airnya tidak terlalu panas dan sangat cocok untuk berjalan-jalan.

Setelah seharian menikmati wisata Turki di Pamukkale, Anda dapat menikmati makanan khas Turki dan juga membeli souvenir untuk keluarga yang ada di rumah karena banyak toko yang menawarkan oleh-oleh khas Pamulakke yang begitu menarik.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.