free web tracker
Beranda » Blog » Wisata Turki di Bursa? Jangan Lupa Untuk Singgah Ke Ulu Camii

Wisata Turki di Bursa? Jangan Lupa Untuk Singgah Ke Ulu Camii

Green Bursa

Green Bursa

Jika Anda berjalan-jalan ke Negara Turki, ada berbagai tempat yang menarik untuk dikunjungi. Turki kaya akan berbagai peninggalan sejarah, tempat-tempat unik nan indah dan mempesona, termasuk salah satunya adalah wisata Turki di Bursa ini.

Bursa merupakan sebuah kota yang berada di dekat Kota Istanbul. Kota kecil ini dahulu kala juga pernah tercatat sebagai Ibukota dari Kesultanan Ottoman. Kedua sultan yang pernah menjabat kala itu adalah Sultan Osman dan Sultan Orhan. Keduanya sama-sama dimakamkan di Kota Bursa. Dari sejarah inilah maka tidak mengherankan jika banyak ditemukan bangunan bergaya arsitektur Ottoman di kota ini.

Letak kota tua ini cukup strategis. Berada di dekat Instanbul yang dulunya Konstantinopel merupakan salah satu pusat bisnis dan perdagangan. Banyak sekali penguasa Arab dan Seljuk yang ingin memperebutkan tempat ini sebagai daerah kekuasaan mereka.

Selain itu, Bursa juga dikenal sebagai kota Industri. Banyak sentra industri otomotif yang berkembang disini. Untuk bisa menuju ke kota ini dibutuhkan waktu sekurang-kurangnya 4 jam dari Istanbul dengan menggunakan jalur darat dan menggunakan kapal fery untuk penyebrangan.

Ulu Camii Bursa

Ulu Camii Bursa

Bursa juga sering disebut dengan “Green Bursa”. Hal ini dikarenakan kota Bursa terletak di atas dataran tinggi Udulag yang memiliki berbagai tanaman hijau yang menghiasi daerah tersebut. Selain memiliki pemandangan alam yang indah, Bursa juga kaya akan berbagai tempat bersejarah. Kota tua ini memiliki peranan penting dalam sejarah peradaban Turki.

Kota terbesar ke-4 di Turki ini (setelah Istanbul, Ankara dan Izmir) merupakan lokasi awal dimana berdirinya sebuah Dinasti Turki Usmani. Selain itu, kota ini juga menjadi tempat peristirahatan terakhir oleh para Sultan atau pendiri emperium pada masa itu, seperti Sultan Osman, Sultan Orhan dan Emperium Usmaniyah.

Nah, salah satu wisata Turki di Bursa yang menarik untuk dikunjungi adalah Ulu Camii. Anda tidak hanya akan mendapatkan pemandangan yang indah nan eksotik melainkan belajar berbagai sejarah yang menarik di Ulu Camii ini.

Wisata Turki di Bursa yang wajib Anda kunjungi adalah Ulu Camii. Ulu Camii atau Masjid Agung atau Bursa Grand Mosque merupakan salah satu bangunan penting di Bursa. Ulu Camii merupakan salah satu bangunan tua di kota ini. Masjid ini terletak di Ataturk Boulevard, Bursa.

Ulu Camii Bursa

Ulu Camii Bursa

Masjid ini dibangun oleh Sultan Yildirim Bayezid I pada tahun 1396 hingga 1399. Desain arsitek dari masjid ini dirancang oleh arsitektur bernama Ali Neccar. Pembangunan masjid ini merupakan janji yang diberikan oleh Sultan Yildirim Bayezid atas kemenangan di medan perang Battle of Nicopolis pada tahun 1396.

Masjid yang berada di kawasan Kota Tua Bursa ini memiliki gaya arsitektur perpaduan dari Kesultanan Seljuk dan Kekhalifahan Usmaniyah. Masjid ini memiliki 20 kubah yang menggambarkan janji Sultan Bayezid I akan membangun 20 masjid setelah berhasil memenangkan peperangan. Akan tetapi, janji tersebut kemudian diganti dengan sebuah masjid dengan 20 kubah.

Sebenarnya masjid ini lebih kental dengan gaya arsitektur Dinasti Seljuk, namun pada awal pembangunan Masjid Agung Bursa (Ulu Camii) ini, terjadi pada Masa Emperium Usmaniyah. Oleh UNESCO, pada tahun 2014 Masjid ini tercatat sebagai salah satu warisan budaya dunia karena memiliki peranan penting dalam sejarah Islam di Turki.

Masjid terbesar di Bursa ini memiliki luas sekitar 2200 meter kubik. Ciri khas dari masjid ini adalah memiliki kubah masjid yang berjumlah 20 yang tidak dapat ditemukan di masjid-masjid lain di dunia. Kubah-kubah tersebut berjajar rapi dalam 4 baris. Dalam setiap barisnya terdiri dari 5 kubah dengan 12 tiang penyangga yang memiliki ukuran sangat besar.

Ulu Camii Interior

Ulu Camii Interior

Dengan tiang-tiang tersebut, terbentuklah sebuah lorong-lorong yang indah yang menjadi keunikan tersendiri dari masjid ini. Sehingga tidak mengherankan jika banyak sekali wisatawan yang menyempatkan untuk singgah ke wisata Turki di Bursa tepatnya di Ulu Camii ini. Selain 20 kubah yang besar, masjid ini juga memiliki dua menara.

Selain kubah dan menaranya yang menarik, tempat wudhu untuk para jamaah atau dalam bahasa lokal adalah sadirvan, juga memiliki desain yang unik. Tempat wudhu ini berada di bawah kubah kaca setelah melewati pintu utama. Desain interiornya sengaja dibuat dengan pencahayaan yang tidak terlalu terang karena untuk memunculkan kesan suasana tenang dan damai.

Kaligrafi Di Ulu Camii

Ulu Camii Kaligrafi

Ulu Camii Kaligrafi

Salah satu yang mencuri perhatian dari wisata Turki di Bursa tepatnya di Ulu Camii ini adalah koleksi kaligrafi yang dimilikinya. Di masjid ini terdapat 192 inskipsi yang ditulis pada bagian dinding, tiang besar dan lempengan-lempengan besar kecil. Inskipsi tersebut ditulis oleh 41 ahli kaligrafi yang terkenal pada masanya.

Daun pintu dan mimbar di dalam masjid pun tak luput dari sentuhan kaligrafi nan  indah. Hiasan ukiran pada mimbar terbuat dari kayu berkualitas tinggi dan pilihan serta dengan gaya tata surya. Ada juga pintu yang diletakkan dalam sebuah kotak kaca yang sudah berumur ratusan tahun yang juga merupakan koleksi dari masjid agung Bursa ini. Pintu tersebut merupakan pintu yang pernah digunakan untuk Ka’bah di Mekkah.

Dari keseluruhan eksterior pada Ulu Camii ini terbuat dari bebatuan. Salah satu hal dari desain yang menarik di masjid ini adalah adanya pancuran yang terletak di pelataran Masjid tepatnya di depan menara masjid.

Selain desainnya yang indah dan unik, masjid ini juga menyimpan nilai sejarah yang luar biasa. Legenda tersebut menyatakan bahwa seni Karagoz dan Hacivat merupakan salah satu pertunjukan yang terinspirasi dari para pekerja yang membangun masjid agung Bursa ini. Inilah mengapa saat Anda singgah disini, Anda juga bisa belajar sejarah wisata Turki di Bursa.

Ulu Camii Interior

Ulu Camii Interior

Selain kisah tersebut, ada pula cerita yang menyatakan tentang legenda seorang wanita tua  yang tidak ingin membebaskan rumahnya untuk digunakan dalam pembangunan masjid tersebut. Hingga akhirnya suatu ketika, wanita itu datang menemui Sultan dan menyerahkan rumah dan lahannya untuk digunakan dalam pembangunan masjid.

Tentu saja hal ini cukup mengejutkan, pasalnya awalnya wanita ini sangat sulit sekali dan tangguh mempertahankan rumahnya. Akhirnya, sebagai bentuk penghormatan kepada wanita itu, dibangunlah pancuran wudhu tepat berada di atas lahan rumah wanita itu tadi.

Bagaimana? Tertarik untuk berkunjung ke Ulu Camii? Masjid ini merupakan salah satu destinasi yang sangat menarik untuk dikunjungi. Masjid ini dibuka untuk umum baik wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Masjid ini juga akan dibuka setiap harinya, sehingga kapan pun Anda datang ke Turki, Anda juga bisa singgah ke Masjid Agung Bursa ini.

Yang terpenting adalah, jangan lakukan kunjungan pada waktu sholat dan tetap gunakan pakaian yang sopan dan rapi serta penuhi beberapa aturan yang ada disana. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan terhadap tempat ibadah umat Islam tersebut.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.