free web tracker
Beranda » Blog » Wat Arun, Candi Budha Yang Indah Di Tepi Sungai

 

Thailand merupakan salah satu negara yang terkenal dengan wisata kuil. Wisatawan akan menemui bermacam-macam kuil saat berkunjung di negara ini. Salah satu tempat wisata  yang banyak dikunjungi wisatawan dari Indonesia, yaitu Wat Arun. Bangunan ini merupakan tempat beribadah bagi umat Buddha. Walaupun Wat Arun disebut dengan Kuil Fajar/ Temple of Dawn, pengunjung dapat melihat keindahaan saat matahari terbit maupun matahari tenggelam. Disini, Anda akan melihat bagaimana indahnya sinar matahari menerpa kuil tersebut.

Bangunan Wat Arun didominasi bangunan berwarna putih dengan sentuhan corak seperti keramik China. Wisatawan dapat menaiki hingga ke puncak kuil, sehingga para pengunjung bisa melihat sungai Chao Phraya dari atas. Sungai ini membelah Bangkok menjadi dua bagian yang hampir sama. Panjang sungai Chao Phraya ini sekitar 372 kilometer. Jadi Chao Phraya merupakan sungai utama di Thailand. Dari sungai Chao Phraya, Wat Arun terlihat megah dan indah. Nama panjang Wat Arun adalah Wat Arunratchawararam Ratchaworamavihara. Wat Arun dibangun pada masa kerajaan Ayutthaya, yang dikenal dengan sebutan Wat Makok. Setelah Raja Rama II & Raja ama IV berkuasa, Wat Makok kemudian diganti nama menjadi Wat Arun sampai sekarang.

Anda dapat mengunjungi Ordination Hall yang berada dalam satu kompleks Wat Arun. Disini, kita dapat melihat dua patung raksasa di depan pintu Ordination Hall. Satu berwarna putih bernama Sahassa Decha, yang berwarna hijau bernama Thosakan (Rahwana). Masuk di dalam Ordination Hall, wisatawan dapat melihat patung Niramits Budhaa yang didasar patungnya, disemayamkan abu jenazah Raja Rama II. Tidak hanya itu, dinding bangunan ini dihiasi mural yang menceritakan kehidupan Buddha.

Ada  hal-hal yang perlu diperhatikan ketika mengunjungi Wat Arun, antara lain:

  1. Berpakaian sopan minimal selutut, karena Wat Arun merupakan tempat ibadah umat Budha, pengunjung diharuskan memakai pakaian yang sopan. Jika tidak, wisatawan akan diharuskan memakai kain penutup.
  2. Air mineral. Wat Arun merupakan tempat dengan daerah terbuka, air mineral akan membantu mencegah kehausan saat siang hari.
  3. Benda ini berfungsi melindungi kulit dari matahari saat siang hari.
  4. Datang lebih awal. Lokasinya berdekatan dengan kompleks Grand Palace yang ramai dengan wisatawan, sehingga akses masuk kuil ini dapat dipastikan macet.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.