free web tracker
Beranda » Blog » Tempat Wisata di Eropa Volendam Amsterdam

Tempat Wisata di Eropa Volendam Amsterdam

Volendam Amsterdam

Volendam Amsterdam

Pernahkah Anda berkunjung ke Belanda ? Negara yang terkenal dengan sebutan Negeri Kincir Angin ini merupakan negara maju di wilayah Eropa Barat yang menyajikan berbagai destinasi wisata yang menarik. Salah satunya adalah wisata Eropa di Volendam Amsterdam.

Volendam adalah desa nelayan yang terletak di bagian barat, lebih tepatnya di Provinsi Noord-Holland Belanda, tidak jauh dari Amsterdam di tepi danau Ijsselmeer. Volendam menyajikan berbagai keindahan dan hal-hal menarik seperti busana-busana tradisional, acara olahraga, musik, pasar ikan dan lain sebagainya.

Desa ini ditandai dengan banyaknya rumah-rumah kecil di sekitar pelabuhan perikanan. Menarik bukan? Itulah sebabnya Anda harus mengetahui secara detail tentang Volendam sebelum Anda memutuskan untuk mengunjunginya.

  1. Perjalanan ke Volendam
De Dijk Amsterdam

De Dijk Amsterdam

 

Untuk sampai ke Volendam Anda dapat menaiki bus 316 dari stasiun Amsterdam / CS Ijzijde. Stasiun bus tersebut terletak di belakang stasiun kereta Centraal Amsterdam. Anda hanya perlu naik ke lantai atas, tepatnya di belakang platform 14 dan 15 dan bus akan membawa Anda ke wisata Eropa di Volendam Amsterdam selama kurang lebih 45 menit.

Jika Anda bepergian menggunakan OV chipcard, Anda bisa membayar satu tiket bus seharga sekitar 4,39 EUR. Alternatif lain, Anda bisa membeli tiket unlimited Waterland untuk perjalanan bus menuju Amsterdam, Edam, Volendam, Marken, Monnickendam, Purmerend dan Broek di Waterland dengan harga tiket hanya 10 EUR. Anda juga bisa membeli tiket tersebut secara online dengan potongan harga 10%.

Wisata Eropa di Volendam Amsterdam biasanya diawali dengan berjalan-jalan menyusuri De Dijk, wilayah sekitar pelabuhan utama yang merupakan pusat perbelanjaan dan deretan perumahan yang indah.

Selain itu, Anda juga bisa melihat kapal nelayan dan kapal pukat yang sedang berlabuh, dimana warga Volendam menggunakan kapal tersebut untuk sumber kehidupan mereka.

  1. Keindahan Volendam
Museum Volendam

Museum Volendam

Volendam selalu memberikan kesan tersendiri bagi para wisatawan. Bahkan tahukah Anda, jika seniman terkenal seperti Pablo Picasso yang berasal dari Spanyol dan Piere Auguste Renoir yang berasal dari Perancis banyak menghabiskan waktu mereka di Volendam? Karena pesona Volendam mampu memikat hati setiap orang yang mengunjunginya.

Volendam merupakan sebuah desa nelayan yang khas dengan rumah-rumah tradisional, kawasan pelabuhan yang ramai dan suasana desa yang cukup unik dan menyenangkan. Dengan berjalan-jalan di Volendam, Anda akan merasakan sensasi berada si suasana Belanda tempo dulu.

Bagian pusat wisata Eropa di Volendam Amsterdam terkadang disebut dengan labirin karena jalannya yang sangat sempit, berlika-liku dan membingungkan.

Bagi Anda yang hobi berjalan kaki, kawasan Volendam merupakan kawasan yang ramah bagi pejalan kaki, karena di Volendam justru jarang sekali ditemukan motor atau mobil yang berlalu-lalang di jalanan. Warga Volendam merupakan warga yang cinta lingkungan sehingga lingkungan di Volendam masih terasa sangat asri dengan udara yang sejuk dan bebas polusi.

Jalanan di Volendam pun terasa sangat nyaman, ditambah dengan kursi panjang yang terdapat di sepanjang jalan yang berguna bagi para pejalan kaki jika ingin beristirahat. Anda juga dapat menikmati keindahan kawasan Volendam dari tepi laut dengan menaiki perahu boat.

Jika berwisata ke Volendam, kegiatan yang semestinya dilakukan adalah mengunjungi museum. Anda bisa mampir ke Museum Palingsound untuk mengetahui bagaimana cara membuat belut asap, atau bisa juga mengunjungi Museum Volendam untuk belajar tentang sejarah dan cerita rakyat Volendam yang legendaris.

Museum Volendam juga memiliki beberapa peninggalan jaman dahulu seperti berbagai artefak, pakaian tradisional dan diorama yang unik, yang memberikan gambaran tentang kehidupan masyarakat Volendam pada abad ke 19.

Selain itu, jangan lupa untuk mampir ke salah satu studio foto untuk mengabadikan moment perjalanan Anda ke Volendam dengan menggunakan pakaian tradisional nelayan Belanda yang berwarna merah cerah dipadukan dengan celana atau rok hitam dan clog (sepatu kayu).

Jika Anda berfoto bersama rekan dan kerabat Anda, maka sang fotografer akan dengan sigap menata  Anda untuk berfoto dalam setting seperti keluarga nelayan jaman dahulu yang juga gemar bermusik sambil memegang beberapa alat seperti akordion, keranjang bunga, ember dan lain sebagainya.

Destinasi wisata Eropa di Volendam Amsterdam juga menampilkan banyak tempat indah dan berkesan yang bisa Anda jadikan objek untuk berfoto sebagai kenang-kenangan dari kunjungan Anda ke Volendam.

  1. Makanan Khas Volendam
Cheese Factory

Cheese Factory

Berkunjung ke wisata Eropa di Volendam Amsterdam akan terasa kurang lengkap jika Anda belum mencicipi ragam kuliner di daerah tersebut. Sebagai desa nelayan, Volendam terkenal dengan seafood-nya. Seperti beberapa desa di sekitar Ijsselmeer, Volendam juga terkenal dengan belut asapnya.

Banyak pula penjual ikan dari Volendam yang membuka toko ikan di Amsterdam dan kota-kota lainnya. Ikan yang sudah dimasak terkadang disajikan dengan saus mentega dan cuka yang sangat khas sehingga memberikan cita rasa yang unik.

Ada banyak restoran di Volendam yang bisa Anda singgahi dan sebagian besar diantaranya berada di dekat pelabuhan. Beberapa restoran juga terhubung dengan hotel sehingga Anda bisa menginap di sana.

Pada malam hari Anda bisa berkumpul dengan wisatawan yang lain di tepi pelabuhan, sedangkan di musim panas restoran memiliki teras luar yang cocok digunakan untuk makan dan minum sambil bersantai menikmati keadaan sekitar.

Jika Anda mencari makanan olahan susu, Anda juga dapat berkunjung ke Cheese Factory yang merupakan salah satu destinasi terbaru di Volendam yang menyajikan proses pembuatan keju. Anda pun dapat pula mencicipi keju yang masih fresh. Dengan disertai tour guide dengan berbagai bahasa, kunjungan ke Cheese Factory akan menjadi kunjungan yang menyenangkan.

  1. Penginapan di Volendam
Hotel Spaander Volendam

Hotel Spaander Volendam

Jika Anda berkunjung ke wisata Eropa di Volendam Amsterdam, Anda pasti tidak ingin segera mengakhiri perjalanan Anda. Maka Anda semestinya mencari tempat penginapan yang nyaman dan berkesan.

Hotel Spaander merupakan salah satu alternatif hotel yang bisa Anda jadikan pilihan. Hotel Spaander dibuka pada awal tahun 1881 dan masih beroperasi hingga saat ini. Hotel tersebut awalnya dibuka sebagai tempat berlindung bagi para seniman dan dengan cepat hotel ini menjadi pilihan menginap bagi para pelukis dari seluruh Eropa. Hotel ini berisi lebih dari 1.400 karya pelukis pada masa itu. Anda bisa menebak dengan jelas hanya melalui dindingnya.

Setiap akhir pekan pertama di bulan September Volendam akan merayakan Kermis yang berlangsung selama empat hari berturut-turut ( Jumat sampai dengan Senin ). Bagi penduduk desa moment ini merupakan kesempatan terbaik untuk dapat pergi keluar, makan, minum, bermain game dan bersenang-senang.

Sungguh menyenangkan bukan ? Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke wisata Eropa di Volendam Amsterdam, maka pilihan yang tepat adalah pergi di saat musim panas. Dikarenakan, selama musim dingin Volendam bisa menjadi sangat dingin dan bahkan tidak ada matahari sama sekali. Anda dapat merasakan cuaca hangat dan sinar matahari di Volendam sekitar bulan Juni sampai dengan bulan Agustus. Demikian semoga bermanfaat.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.