free web tracker
Beranda » Blog » Tempat Wisata di Eropa Menara Pisa yang Unik

Tempat Wisata di Eropa Menara Pisa yang Unik 

Menara Pisa Italy

Menara Pisa Italy

Anda tidak asing dengan Italia bukan ? Negara dengan tingkat ekonomi terbesar ketiga di Eropa dan kedelapan terbesar di dunia ini memiliki tingkat perkembangan manusia yang sangat tinggi dan berada di peringkat ke enam di dunia untuk harapan hidup.

Tidak hanya hebat dalam segi kemajuan ekonomi, bagi penggemar sepakbola, Anda tentu mengetahui bahwa Italia telah menghasilkan banyak pemain sepakbola kelas dunia seperti Gianluigi Buffon, Mario Balotelli, Alessandro Del Piero dan masih banyak lagi.

Hal itulah yang mengundang banyak wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Italia. Ditambah lagi dengan adanya objek wisata favorit dan populer di dunia, apalagi kalau bukan Menara Pisa. Bagi Anda yang tertarik berlibur ke tempat yang unik dan menarik, maka tempat wisata Eropa di Menara Pisa ini sangat cocok untuk Anda kunjungi.

Berikut beberapa ulasan yang perlu Anda ketahui tentang tempat wisata Eropa di Menara Pisa sebelum Anda memutuskan untuk berlibur ke Italia.

  1. Sejarah Keindahan Menara Pisa
Piazza de Miracoli

Piazza de Miracoli

Bagi Anda pecinta sejarah, tentu sudah tidak asing lagi dengan keberadaan Menara Pisa di Italia, tepatnya di Roma ini. Menara dengan berbagai macam arsitektur yang khas dan juga klasik ini terletak di sebelah Piazza de Miracoli. Menara Pisa adalah simbol atau lambang dari ibu kota Roma yang telah masuk ke dalam daftar situs warisan dunia bersanding dengan Colosseum.

Piazza de Miracoli adalah sebuah alun-alun katedral yang terletak di Kota Pisa, Tuscany, Italia. Alun-alun ini menyerupai taman yang sebagian tanahnya berupa semen dan sebagian lagi berupa rerumputan.

Terdapat 4 buah bangunan terkenal di kawasan Piazza de Miracoli yang ke semua bangunan tersebut didominasi oleh warna putih. Keempat bangunan itu adalah Duomo (Katedral), Baptisery, Camposanto dan tentu saja yang paling populer adalah Menara Condong Pisa.

Menara Pisa adalah sebuah menara lonceng dari Katedral Pisa yang mana tempat tersebut berdiri terpisah. Tempat wisata Eropa di Menara Pisa mulai dibangun pada tahun 1173 dan diselesaikan secara bertahap dalam kurun waktu sekitar 177 tahun.

Pada saat pembangunan masih mencapai tahap 3 yang telah dimulai selama 5 tahun, pembangunan menara tersebut mengalami masalah dimana menara amblas dan menyebabkan menara itu miring ke sisi sebelah selatan. Hal itu disebabkan oleh struktur tanah yang tidak stabil serta buruknya pondasi yang dibuat.

Kemudian pembangunan tempat wisata Eropa di Menara Pisa sementara dihentikan dikarenakan terdapat Perang Dunia II. Setelah itu pada tahun 1272 pembangunan Menara Pisa mulai diteruskan kembali dengan ide bahwa menara yang sudah terlanjur miring jangan sampai bertambah miring.

Cara yang digunakan untuk melancarkan ide ini adalah dengan cara membuat dinding-dinding dan lantai pada sisi yang miring tersebut dan membuat lebih tinggi bangunan di sisi sebelah selatan dan membuat rendah bangunan di sisi sebelah utara. Hal inilah yang membuat Menara Pisa jika kita perhatikan dengan seksama dalam jarak yang dekat berbentuk sedikit melengkung.

Kemiringan Menara Pisa diketahui sekitar 1 derajat atau sebesar 80 cm apabila dihitung dengan posisi vertikal. Namun perlu Anda ketahui bahwa seiring berjalannya waktu, kemiringan Menara Pisa semakin bertambah.

Hingga di tahun 2010 bangunan dengan ketinggian 56, 70 meter di bagian utara dan 55,86 meter pada bagian selatan itu jika diukur secara vertikal kemiringannya sudah mencapai 3,9 meter. Karena kemiringan Menara Pisa ini jika Anda menaiki tangganya maka Anda akan mendapati jumlah anak tangga yang berbeda antara di utara dan di selatan.

Pembangunan tempat wisata Eropa di Menara Pisa setelah adanya Perang Dunia II dilanjutkan oleh seorang arsitek bernama Tommasso di Andrea Pisano. Arsitek tersebut memadukan elemen gothic dengan ruangan bel khas ibukota Roma di kala itu. Pada saat ini jumlah bel di Menara Pisa kurang lebih 7 buah bel dan bel yang paling besar dipasang pada tahun 1655.

  1. Rekonstruksi Menara Pisa
Menara Pisa Italy

Menara Pisa Italy

Pada tahun 1990 Menara Pisa sempat ditutup untuk umum dikarenakan ada anggapan bahwa bangunan tersohor tersebut mengalami kerusakan. Bangunan diperkirakan semakin miring dengan kemiringan mencapai 5 meter.

Rekonstruksi pun dilakukan demi melestarikan bangunan bersejarah ini. Evakuasi juga dilakukan terhadap penduduk di sekitar Menara Pisa demi menjaga keamanan dan menghindari jatuhnya korban apabila menara tersebut roboh.

Untuk mengurangi beban menara, lonceng-lonceng besar pun dipindahkan dan kabel baja dipakai untuk menyangga kestabilannya. Renovasi tersebut difokuskan ke pondasi, yang merupakan permasalahan pertama yang berefek pada kemiringan Menara Pisa tersebut. Biaya renovasi diperkirakan mencapai 28 juta euros.

Pada pertengahan Desember tahun 2001, tempat wisata Eropa di Menara Pisa kembali dibuka untuk umum. Menurut para ahli, Menara Pisa masih akan bertahan hingga kurang lebih 300 tahun lagi.

  1. Akses Menuju Tempat Wisata Eropa di Menara Pisa

Jika Anda akan melakukan perjalanan dari ibukota Roma, maka Anda dapat menempuh perjalanan dengan menggunakan kereta dan memakan waktu perjalanan sekitar 4 jam. Anda juga bisa menuju tempat wisata Eropa di Menara Pisa melalui pelabuhan Livorno yang kurang lebih jaraknya sejauh 15 kilometer.

Jika Anda ingin berkendara menggunakan bus, Anda bisa menaiki bus bernama LAM (Linea ad Alta Mobilita) Rossa yaitu bus bertanda merah yang dapat Anda naiki dari halte-halte di seluruh penjuru Kota Pisa dengan membayar sekitar Rp. 14.500,- sampai ke stasiun kereta api Livorno.

Selanjutnya, Anda bisa menaiki kereta api dengan tujuan Menara Pisa dengan waktu kurang lebih 20 menit dan membayar biaya kurang lebih Rp. 43.000,-. Sesampai di stasiun Kota Pisa, Anda dapat memilih transportasi yang sesuai atau berjalan kaki menuju ke Menara Pisa. Wilayah sekitar Menara Pisa dikelilingi oleh pagar dan dipadati dengan kios yang menjual berbagai cinderamata unik.

Anda dapat memasuki Menara Pisa dengan merogoh kocek senilai Rp. 145.000,-. Setelah itu Anda harus mengantri untuk dapat naik ke atas karena jumlah orang yang naik harus dibatasi. Sesampai di atas, Anda akan merasakan sensasi menyenangkan melihat keindahan kota Pisa yang dikelilingi oleh bukit-bukit.

  1. Aktivitas di Sekitar Tempat Wisata Eropa di Menara Pisa
Menara Pisa Italy

Menara Pisa Italy

Bagi Anda yang gemar berfoto unik, maka berfoto dengan Menara Pisa wajib Anda lakukan. Gaya foto yang banyak dilakukan oleh para wisatawan adalah bergaya seolah-olah sedang mendorong atau mengangkat Menara Pisa sehingga foto yang dihasilkan menjadi lucu dan unik.

Pada malam hari, Anda juga bisa mendengarkan live music di beberapa restoran di sekitar Menara Pisa. Menikmati pasta khas Italia dengan iringan live music akan terasa sangat sempurna bukan ?

Demikian ulasan mengenai tempat wisata Eropa di Menara Pisa yang menarik untuk Anda ketahui sebelum Anda memutuskan untuk berkunjung ke Italia. Semoga bermanfaat.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.