free web tracker
Beranda » Blog » Romantisme Menara Eiffel dan Spot Wisata di Sekitarnya

Romantisme Menara Eiffel dan Spot Wisata di Sekitarnya

Romantisme Menara Eiffel dan Spot Wisata di Sekitarnya

Bagi sebagian besar orang, Menara Eiffel sudah tidak asing di telinga ya.. Menara ikonik Kota Paris, di balik kekokohan bangunan dari struktur besinya, ternyata juga menyimpan romantisme yang cukup kondang sedunia. Berangkat dari sejarah yang panjang, menara yang berada di pinggir sungai Seine tepatnya di Champ de Mars tersebut kini menjadi tempat wisata yang paling banyak diburu di dunia, terutama di Eropa.

Sejarah Menara Eiffel

Menara yang dirancang oleh Gustave Eiffel tersebut awalnya dibangun untuk dijadikan gerbang bagi pameran-pameran tingkat internasional. Menara yang didirikan pada tahun 1889 itu dulu sangat berperan penting dalam dunia kemiliteran Perancis, karena menara tersebut berfungsi sebagai media penyampaian informasi berita antar tentara Perancis.

Gustave Eiffel

Gustave Eiffel

Tidak hanya itu, menara yang pernah digunakan saat Pertempuran Marne Pertama sebagai pengatur taksi garis depan itu sebenarnya dahulu direncanakan akan di bangun di Barcelona dalam rangka Pameran Universal 1888. Namun, beberapa pihak menganggap tempat wisata Menara Eiffel tersebut dirasa kurang cocok, aneh dan mahal jika dibangun di Barcelona.

Menara yang diresmikan pada tanggal 31 Maret 1889 tersebut awalnya hanya memiliki izin berdiri selama 20 tahun saja. Saat kepemilikan menara diserahkan pada pihak Kota Paris, Menara Eiffel tersebut berencana akan dibongkar pada tahun 1909. Namun, rencana tersebut justru malah terbukti bisa mendatangkan keuntungan untuk media komunikasi di Perancis. Jadi, meskipun izin berdiri tekah melewati masa kadaluwarsa, menara besi tersebut tetap dibiarkan berdiri kokoh, hingga kini.

Arsitektur Menara Eiffel

Arsitektur Menara Eiffel

Arsitektur Menara Eiffel

Tempat wisata Menara Eiffel tidak hanya terkenal dengan sejarahnya yang panjang, tapi juga kekokohan dan keindahan bangunannya. Menara yang digarap oleh seorang arsitek Gustave Eiffel itu membutuhkan sekitar 300 orang pekerja untuk menggabungkan 18.083 batang bagian besi benam pada saat pembangunan.

Menara Eiffel sendiri berbobot 10.000 ton termasuk di dalamnya bobot struktur besi seberat 7.300 ton. Dengan struktur besi mencapai 325 meter, Menara Eiffel tersebut awalnya dikritik karena dirasa kurang estetik dan sangat sedikit nilai seninya. Akan tetapi, seorang arsitek yang sekaligus insinyur menara tersebut menjelaskan bahwa Eiffel adalah bangunan yang dirancang untuk bisa menahan tiupan angin yang kencang.

Fakta unik lain dari tempat wisata Menara Eiffel yang terdiri dari 1.710 anak tangga tersebut yaitu pada perawatannya. Menara yang mendapat julukan “Si Wanita Baja” itu akan dicat ulang setiap 7 tahun sekali dengan jumlah cat mencapai 30-60 ton cat.

Meski Eiffel hanya terdiri dari susunan besi, namun keindahan Eiffel makin terlihat pada malam hari dengan gemerlap lampu yang mengelilinginya dengan 352 buah proyektor berdaya 1.000 watt, 800 buah lampu disko, serta 20.000 buah lampu bohlam. Selain itu, untuk membuatnya lebih “hidup” dipasang juga 4 buah laser xenon dengan kekuatan masing-masing 6.000 watt.

Spot Wisata di Sekitar Menara Eiffel

Tempat wisata Menara Eiffel yang dapat menarik pengunjung sebanyak 6 juta jiwa lebih setiap tahunnya itu memang seakan menjadi pusat peradaban Perancis, khususnya Kota Paris. Jadi tak heran jika di sekitarnya dibangun obyek menarik lainnya. Nah, berikut beberapa tempat wisata menarik lainnya di Menara Eiffel dan sekitarnya:

Lantai 2 dan Puncak Menara Eiffel

Lantai 2 Menara Eiffel

Lantai 2 Menara Eiffel

Bangunan yang paling fenomenal di Kota Paris tersebut memiliki tinggi yang sama dengan bangunan konvensional berlantai 81. Pada Menara Eiffel tersebut, lantai yang sering dikunjungi adalah lantai 2 dan puncak dari menara tersebut.

Pada lantai pertama dan kedua di tempat wisata Menara Eiffel tersebut, Anda bisa mengaksesnya menggunakan tangga maupun lift. Di tingkat kedua itu, Anda bisa menyaksikan keindahan Kota Paris dengan lantainya yang bermaterial kaca tembus pandang. Dengan lantai kaca tersebut, Anda akan merasakan sensasi berjalan di atas angin karena bisa melihat dengan jelas aktivitas di bawahnya.

Harga tiket masuknya sebesar 4-11 Euro (lantai 2) dan 8,5-17 Euro untuk bisa sampai di puncak menara (sesuai dengan batas usia).

Pont d’Lena

Pont d’Lena

Pont d’Lena

Tak hanya tempat wisata Menara Eiffel yang menarik, jembatan Pont d’Lena yang mengantarkan menuju menara tersebut juga tak kalah indahnya. Jembatan Sungai Seine yang tepatnya berada di Pont d’lena, 75116 Paris, Perancis ini memiliki panjang 155 meter.

Jembatan yang letaknya 0,2 km dari Menara Eiffel ini akan memanjakan mata Anda untuk menikmati suasana Kota Paris dan aktivitas di sekitarnya. Selain itu, Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata lain di dekat Eiffel seperti The Eiffel Tower Romance Tour, Lions of Agadir Tours, Musse du Quai Brainy dan masih banyak lagi tempat menarik lainnya.

Akses Menuju ke Menara Eiffel

Untuk menuju ke menara paling romantis di dunia itu, ada beberapa cara (transportasi) yang bisa Anda pilih. Berikut beberapa cara untuk menuju tempat wisata Menara Eiffel :

Paris Metro

Paris Metro

Paris Metro

Jika Anda seorang backpacker, berjalan-jalan menggunakan metro mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk merasakan serunya berbaur dengan warga Paris. Jika Anda menginap tak jauh dari Eiffel, berikut ada beberapa pemberhentian yang bisa Anda pilih saat menaiki transportasi publik itu:

  • Berhenti di Trocadero, kemudian berjalan kaki kurang dari 5 menit untuk sampai di Menara Eiffel
  • Berhenti di Ecole Militaire, kemudian Anda berjalan kaki selama 5 menit hingga ke tempat wisata Menara Eiffel
  • Pemberhentian terdekat yakni di Bir Hakeim, Anda hanya membutuhkan waktu 3 menit berjalan kaki hingga ke Eiffel.

RER (Reseau Express Regional)

Reseau Express Regional

Reseau Express Regional

Selain metro sebagai transportasi umum, Anda juga bisa menggunakan RER atau kereta api cepat ini untuk menuju ke Menara Eiffel. Pilihlah stasiun pemberhentian Champs de Mars dan Anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 1 menit untuk sampai di obyek wisata Menara Eiffel.

Sewa Mobil atau Sepeda

Sewa Mobil

Sewa Mobil

Nah, bagi Anda yang kurang menyukai transportasi umum bisa memilih berjalan-jalan dengan menyewa sepeda atau mobil. Anda bisa memarkirkan mobil Anda di wilayah Quai Branly Car, sebuah tempat parkir bawah tanah yang terletak tepat di bawah Menara Eiffel.

Selain tempat parkirnya yang aman, Anda juga tidak memerlukan waktu lama untuk sampai di Eiffel, karena hanya dengan 2 menit berjalan kaki Anda sudah bisa sampai di menara tersebut.

Menggunakan Kapal

Kapal di Sungai Seine

Kapal di Sungai Seine

Sembari menjelajahi sungai Seine, Anda juga bisa berjalan-jalan mengelilingi setiap sudut Kota Paris yang berada di pinggiran sungai Seine tersebut. Menuju tempat wisata Menara Eiffel dengan transportasi air ini juga kerap menjadi pilihan para wisatawan yang ingin merasakan eksotisme kota yang dijuluki dengan kiblat fashion (pusat mode) dunia tersebut.

* * *

Nah, tunggu apalagi, yuk persiapkan dan rencanakan liburan Anda ke Menara Eiffel! Oh, ya, informasi tambahan, jam buka menara tersebut mulai pukul 09.30-23.00 pada hari Senin sampai Kamis dan 09.00-24.00 pada hari Jum’at dan Sabtu.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.