free web tracker
Beranda » Blog » Mudah Banget, Ternyata Ini Proses Pembuatan Kimchi Halal di Korea Selatan 

Mudah Banget, Ternyata Ini Proses Pembuatan Kimchi Halal di Korea Selatan

Kimchi

Kimchi

Korea merupakan salah satu negara asia yang sangat terkenal dengan Drama Korea-nya. Dari drama inilah banyak orang yang mulai mengenal makanan khas Korea yang terlihat sangat enak untuk dicicipi. Salah satu makan yang tidak pernah terlupakan di Korea adalah kimchi.

Apa itu kimchi?

Kimchi merupakan salah satu makanan tradisional khas Korea yang dimana proses pembuatan kimchi Korea Selatan dengan menggunakan fermentasi. Biasanya jenis makanan yang dibuat menjadi kimchi seperti sawi, atau sayuran lainnya.

Makanan ini sangat lezat lo, nyatanya banyak sekali restaurant Korea yang menyediakan menu kimchi di dalamnya. Makanan ini juga bisa dimakan dengan berbagai jenis akan seperti nasi putih, mie dan berbagai jenis makanan lain. Buat Anda yang suka, Anda juga bisa mengonsumsi makanan ini secara langsung.

Kimchi yang ada di Korea juga beraneka rasa lo, ada yang berasa manis, asam dan juga pedas. Tentunya makanan ini akan sangat menggugah selera makan Anda. Bagi Anda yang suka makanan pedas, manis dan asam, maka kimchi merupakan menu yang tepat.

Kimchi

Kimchi

Ternyata makanan ini juga sangat cocok buat Anda yang ingin menjalankan program diet lo. Ini karena kimchi mengandung banyak serat namun rendah kalori. Pantas saja jika banyak orang Korea yang memiliki badan yang kurus karena makan kimchi.

Buat Anda yang ingin mencicipi kimchi, kini Anda bisa dengan mudah mencarinya di supermarket. Sebab, telah disediakan kimchi kemasan yang bisa Anda cicipi kapan saja. namun, bagi Anda yang ingin membuatnya sendiri, proses pembuatan kimchi Korea Selatan sangat mudah kok.

Dan yang pasti, kimchi yang dibuat sendiri tentunya halal dan lebih higienis. Buat Anda ingin tahu proses pembuatan kimchi Korea Selatan, berikut ini adalah proses pembuatan kimchi Korea Selatan ini.

Sebelum membuatnya, ada beberapa alat dan bahan yang perlu Anda siapkan. Berikut ini adalah alat dan bahan yang harus dipersiapkan dalam proses pembuatan kimchi Korea Selatan yang halal.

Bahan Kimchi

1 buah sayur sawi putih

1 buah sayur lobak, potong berbentuk korek api tipis-tipis

3 buah wortel, potong berbentuk korek api tipis-tipis

4 batang daun bawang, potong berbentuk korek api

250 gram garam

Bahan Pasta

1 sendok makan jahe cincang

65 gram tepung beras

300 cc cabai bubuk Korea, jika tidak ada bisa diganti dengan cabai bubuk Indonesia

125 gram gula pasir

250 gram kecap asin

2 sendok makan bawang putih cincang

½ bawang bombai, iris tipis-tipis

Cara Membuat Pasta

Dalam membuat pasta untuk kimchi yang enak, maka ada beberapa langkah yang harus Anda ikuti. Pastikan lakukan langkah secara urut dan jangan sampai ada yang terlewatkan. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

  1. Siapkan panci/atau wadah dengan ukuran yang agak besar dan masukkan tepung beras yang sudah disediakan bersamaan dengan air.
  2. Nyalakan kompor dan aduk adonan tepung beras hingga mengental. Matikan kompor jika adonan sudah meletup-letup.
  3. Masukkan 125 gram gula pasir yang sudah disediakan ke dalam adonan dan aduk hingga gula pasir tercampur merata.
  4. Setelah adonan merata, diamkan adonan hingga agak dingin.
  5. Setelah adonan dingin, pindahkan adonan ke dalam wadah yang lebih besar. Anda bisa menggunakan baskom atau wadah lainnya.
  6. Tambahkan adonan dengan menggunakan bubuk cabai, bawang putih, bawang bombai, kecap ikan dan campurkan hingga merata.
  7. Masukkan sayuran seperti daun bawang, wortel dan juga lobak ke dalam adonan. Aduk adonan tersebut hingga merata lalu diamkan.

Cara Membuat Kimchi

Setelah adonan pasta jadi dengan sempurna, maka langkah selanjutnya adalah membuat proses pembuatan kimchi Korea Selatan. Proses ini cukup mudah, dan pastikan Anda tidak meninggalkan satu langkah pun untuk menghasilkan rasa yang sempurna. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  1. Cuci sawi dengan menggunakan air mengalir hingga bersih. Pastikan Anda membersihkan setiap helai daun sawi sampai ke dalam-dalam. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan sisa pestisida dan kotoran yang masih menempel pada sawi.
  2. Potonglah sawi sesuai dengan selera. Anda bisa memotongnya menjadi dua bagian, tau jika perlu potong kotak-kotak sesuai dengan yang Anda inginkan.
  3. Sawi yang sudah dipotong dibaluri dengan menggunakan garam yang sudah disiapkan. Pastikan setiap helai dari bagian sawi terbaluri garam dengan sempurna.
  4. Untuk sawi yang sudah dibaluri dengan garam bisa dipindahkan ke wadah lain yang lebih besar seperti baskom.
  5. Diamkan sawi yang dibaluri dengan garam kurang lebih empat jam. Lihatlah apa yang terjadi, sawi akan menyusut dan akan muncul genangan air dalam jumlah yang banyak pada baskom.
  6. Tiriskan sawi tersebut alu cuci kembali dengan menggunakan air. Pastikan sawi dicuci dengan bersih hingga tidak ada satu garam pun yang tersisa pada sawi. Jika perlu Anda bisa mencuci sawi hingga 3 kali pencucian.
  7. Tiriskan sawi yang sudah di cuci dan biarkan agak kering.
  8. Lumuri sawi yang sudah dicuci dengan menggunakan bumbu pasta yang sudah disediakan. Pastikan bahwa Anda menggunakan sarung tangan sebelum membumbui sawi dengan pasta. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya iritasi kulit yang disebabkan oleh bumbu pasta.
  9. Setelah sawi selesai dilumuri bumbu pasta, langkah selanjutnya adalah dengan meletakkan sawi ke dalam toples yang sudah disediakan. Pastikan bahwa tiles yang digunakan kedap udara. Pastikan pula toples terisi sawi dengan penuh, sebab pada saat proses fermentasi sawi akan mengeluarkan air dalam jumlah yang banyak.
  10. Untuk hasil terbaik, diamkan sawi selama 2 hari agar proses fermentasi dapat berjalan dengan sempurna. Namun, bagi Anda yang sudah tidak sabar ingin segera mencicipi, kimchi yang barus aja dibuat sudah bisa langsung dimakan.
  11. Tanda-tanda kimchi yang Anda buat mengalami fermentasi yang berhasil apabila muncul gelembung-gelembung di bagian dalam wadah.
  12. Setelah 2 hari di diamkan, kimchi siap untuk disajikan.

Bagaimana? Mudah bukan proses pembuatan kimchi Korea Selatan? Tentunya Anda tidak akan menghabiskan kimchi yang sudah dibuat dalam sekali makan bukan? Untuk itu, Anda juga harus memperhatikan penyimpanan yang harus dilakukan.

Pastikan Anda tidak langsung memasukkan kimchi yang masih dalam proses fermentasi langsung ke dalam kulkas. Sedangkan jika proses fermentasi sudah selesai, Anda bisa memasukkan kimchi ke dalam kulkas untuk menjaga kesegarannya.

Kimchi

Kimchi

Mungkin hasil yang Anda buat antara menggunakan cabai bubuk Korea dengan cabai Indonesia akan berbeda warnanya. Untuk proses pembuatan kimchi Korea Selatan dengan menggunakan bubuk cabai Korea hasilnya akan jauh lebih merah dibandingkan dengan bubuk cabai Indonesia. Namun, Anda tak perlu khawatir, sebab rasa pedas yang ditawarkan akan jauh lebih pedas yang menggunakan bubuk cabai Indonesia.

Mudah dan praktis proses pembuatan kimchi Korea Selatan bukan? Kini Anda bisa membuatnya sendiri di rumah tanpa ragu. Pastikan ikuti semua langkah yang sudah disebutkan dengan urut untuk dapatkan hasil yang lebih maksimal. Selamat mencoba dan kimchi halal ala Korea siap Anda nikmati.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.