free web tracker
Beranda » Blog » Menikmati Wisata Turki Di Gunung Uludag

Menikmati Wisata Turki Di Gunung Uludag

Bursa Turki

Bursa Turki

Saat berbicara tentang Kota Bursa maka tidak akan terlepas dari Gunung Uludag. Wisata Turki di Gunung Uludag memiliki pesonanya tersendiri sehingga tidak mengherankan jika banyak yang berkunjung ke Bursa hanya untuk berwisata di Gunung Uludag ini.

Bursa merupakan salah satu kota tua yang terletak di dekat Istanbul. Bursa menjadi salah satu saksi sejarah dari peradaban di Turki, salah satu bukti sejarah yang masih berdiri hingga saat ini adalah Ulu Camii. Ulu Camii merupakan salah satu bangunan agung tepatnya sebuah masjid, yang memiliki 20 kubah.

Selain desain arsitekturnya yang unik dan istimewa, masjid ini juga kaya akan nilai sejarah. Masjid ini berdiri pada tahun 1396. Namun, wisata Turki di Gunung Uludag tidak hanya masjid Agung Bursa atau Ulu Camii saja. Namun Anda juga dapat menikmati gunung indah bersalju, Gunung Uludag.

Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.543 meter di atas permukaan air laut. Puncak gunung ini disebut dengan Kartaltepe. Saat berwisata di Gunung Uludag ini, Anda akan disajikan panorama alam yang indah dengan berbagai pepohonan yang akan berubah setiap musimnya.

Gunung Uludag

Gunung Uludag

Selain itu, Anda juga bisa menikmati Winter Resort dan Anda bisa melakukan Ski disana. Jangan lupa gunakan baju yang hangat karena pada saat musim dingin tiba suhu udara bisa mencapai 3- 4 derajat Celcius.

Winter Resort ini berada di kota Bursa. Kota Bursa ini berada di bagian barat laut Kota Istanbul. Untuk bisa sampai di Bursa, Anda harus melewati Gebze, sebuah distrik provinsi. Setelah itu menyeberangi Laut Marmara dari Pelabuahan Eskihisar ke Pelabuhan Tophane dan sampai di Distrik Yalova yang sudah berada di Kota Bursa, Turki.

Dari pusat kota Bursa menuju Gunung Uludag, setidaknya membutuhkan waktu sekitar 1 jam hingga 1,5 jam untuk bisa mencapai tempat tersebut. Jarak antara Kota Bursa ke Gunung Uludag adalah 40 kilometer. Kota Bursa ini merupakan salah satu dari 4 kota terpadat yang ada di Turki, setelah Istanbul, Izmir dan Ankara.

Di tahun 1326, Kota Bursa awalnya merupakan ibu kota dari Ottoman pada saat Ottoman berhasil menaklukkan Bursa dari Byzantium. Namun, saat ini Bursa lebih dikenal sebagai pusat industri dan bisnis. Berbagai pusat perdagangan dan pusat otomotif, industri makanan, tekstil dan lain-lain berkembang disana. Sehingga tidak mengherankan jika banyak juga yang datang wisata Turki di Gunung Uludag Bursa ini untuk perjalanan bisnis juga.

Ulu Camii Turki

Ulu Camii Turki

Sesampainya di wisata Turki di Gunung Uludag ini, salah satu aktivitas yang cukup diidolakan oleh para wisatawan adalah ski atau berselancar di atas salju. Meskipun udara cukup hangat, akan tetapi salju di atas gunung masih tetap tebal dan cocok untuk olah raga ini.

Namun sebelum melakukan olah raga yang terbilang ekstrem ini, jangan lupa persiapkan segalanya dengan baik terlebih dahulu. Semakin Anda menuju puncak maka salju yang ada semakin tebal.

Sebelum meluncur di atas permukaan es yang dingin, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu sarung tangan, jaket yang tebal, syal dan topi rajut serta sepatu boots. Kenakan semua peralatan tersebut untuk menjaga Anda agar tetap hangat.

Selain itu, persiapkan peralatan skinya dengan baik. Jika sudah siap, maka saatnya Anda meluncur sekarang. Jangan lupa abadikan moment indah Anda ini dalam bingkai foto agar bisa terkenang masa-masa super bahagia ini.

Uludag Resort

Uludag Resort

Bagi Anda yang ingin melakukan olah raga ski ini akan tetapi tidak membawa peralatan, tidak usah bersedih hati. Karena di area parkir dan kafetaria yang memiliki lokasi lebih tinggi dari area parkir ini juga tersedia tempat untuk menyewa peralatan ski. Sehingga akan memungkinkan Anda untuk ikut bermain meskipun tidak membawa peralatan dari rumah.

Sebenarnya area ski di Gunung Uludag ini termasuk ke dalam kategori Baby slope” karena cukup mudah. Namun, jika Anda berniat untuk mencoba ski dengan landasan yang sulit juga ada. Sebaiknya gunakan instruktur ski agar memastikan keamanan diri, kecuali jika Anda sudah professional dalam bermain ski. Jika masih pemula sebaiknya jangan bermain-main dan menantang, karena akan mungkin membahayakan nyawa Anda.

Selain melakukan olah raga ski, Anda juga bisa bersantai di atas Gunung Uludag dengan menikmati secangkir kopi di kafetaria. Ada pula pemandangan yang indah yang bisa dinikmati dari National Park ini. Di area parkir juga terdapat Masjid Haji Yazici yang akan memudahkan Anda untuk tetap melakukan ibadah Sholat meskipun Anda sedang di gunung.

Teleferik

Teleferik

Untuk bisa menikmati puncak wisata Turki di Gunung Uludag ini, Anda tidak harus menapakinya dengan kaki. Ada teleferik yang akan membantu Anda untuk bisa mencapai puncak Gunung Uludag. Teleferik adalah kereta gantung listrik. Kereta ini yang akan membawa Anda menuju ke puncak Gunung Uludag di kawasan National Park.

Untuk bisa menaiki kereta gantung listrik ini, Anda akan dikenakan tarif sebesar 30 TL. Dalam satu kereta gantung listrik ini bisa dinaiki hingga 6 orang. Saat Anda menikmati teleferik, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan pepohonan yang indah yang berhias salju di atasnya. Jika musim semi tiba maka pepohonan tersebut akan berubah warna dengan keindahan yang mempesona.

Di National Park ini, Anda dapat berbelanja berbagai souvenir dan oleh-oleh khas dari negara ini. Ada juga berbagai kuliner khas yang bisa Anda dapatkan secara mudah. Tentu saja, Anda pun bisa berfoto ria sepuasnya dengan berbagai pemandangan alam yang ada.

Uludag

Gunung Uludag

Untuk kembali ke bawah, Anda dapat menggunakan kereta gantung listrik kembali. Teleferik akan mengantarkan Anda kembali ke tempat semula dengan waktu setidaknya 25 hingga 30 menit. Anda cukup masuk dan duduk dengan tenang di dalamnya, maka kereta akan berjalan dengan lancar. Jika memang terjadi gangguan perjalanan seperti macet dan lain sebagainya, cukup tenang saja, karena pasti akan ada petugas yang akan memperbikinya segera.

Sesampainya di bawah, salah satu wisata Turki di Gunung Uludag yang wajib Anda kunjungi adalah Ulu Camii. Masjid yang didirikan oleh Sultan Beyazit I ini merupakan salah satu warisan budaya dunia yang ditetapkan oleh UNESCO pada tahun 2004. Masjid ini menjadi salah satu bukti sejarah atas perkembangan Turki. Awal berdirinya dari beberapa dinasti yang berkuasa di Turki.

Masjid yang berdiri dengan 20 kubah indahnya ini merupakan bukti atas kemenangan  Sultan Bayezit I dalam Perang Salib Nipolis. Berdirinya masjid ini merupakan perwujudan dari janji Sultan jika berhasil memenangkan peperangan yang terjadi. Ada 192 kaligrafi di dalam masjid ini, baik di dinding, tiang dan mimbar. Semua ukiran kaligrafi ini dibuat oleh 41 ahli kaligrafi ternama pada saat itu.

Ada pula desain pancuran wudhu serta lorong-lorong yang indah dan nyaman yang akan membuat Anda merasa damai dan tenang di masjid ini. Inilah peninggalan sejarah yang harus dijaga kelestariannya, sebagai bukti bahwa islam pernah berjaya pada masanya. Selamat berwisata dan belajar sejarah, karena saat Anda wisata Turki di Gunung Uludag tidak akan terlepas dari bukti sejarah peradaban Turki.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.