free web tracker
Beranda » Blog » Wisata Turki Di Cappadocia Dengan Pemandangan Alam Yang Menakjubkan

 Wisata Turki Di Cappadocia Dengan Pemandangan Alam Yang Menakjubkan

Cappadocia Turki

Cappadocia Turki

Apabila Anda berkunjung ke negara Turki, jangan sampai Anda melewatkan untuk mampir ke tempat yang bernama Cappadocia. Saat berkunjung ke tempat ini, Anda kan dibawa ke jaman batu ala serial animasi Flinstone.  Ketika berada di tempat wisata Turki di Cappadocia ini, Anda akan seolah-olah sedang hidup dan tinggal pada jaman Fred Flinstone. Semuanya serba dari batu.

Selain wisata serba batu, Anda juga dapat menikmati keindahan Kota Batu Kuno di Turki dari ketinggian dengan menaiki balon udara. Namun bagaimanakah sejarah terbentuknya kota batu kuno ini?

Wisata Turki di Cappadocia ini tergolong wisata yang cukup unik karena Anda akan melihat bangunan yang mayoritas terbuat dari batuan yang dipahat sejak jaman dahulu. Yaitu  berupa struktur kota yang terletak di bawah tanah yang memiliki bangunan tingkat 11 ke bawah.

Kaymakli Cappadocia Turki

Kaymakli Cappadocia Turki

Kaymakli, Derinkuyu dan Nevsehier merupakan 3 lokasi kota di bawah tanah di Cappadocia yang boleh dikunjungi oleh wisatawan. Di Kaymakli sendiri terdiri dari 8 lantai ke bawah yang terhubungkan dengan lorong yang sangat banyak. Tempatnya yang cukup rendah membuat para pengunjung harus jongkok ketika hendak masuk ke dalamnya.

Konon kota bawah tanah ini adalah tempat umat Kristen untuk bertahan dari pengejaran sewaktu Turki berkuasa. Lantai pertama biasanya digunakan untuk tempat tinggal hewan-hewan peliharaan, masih terlihat secara jelas dimana mereka menyimpan makanan untuk ternak mereka. Sementara itu, untuk lantai dua terdapat sebuah altar.

Kota bawah tanah ini dapat menampung ribuan keluarga dengan jumlah anggota keluarga mencapai 50 ribu jiwa. Sehingga tak mengherankan apabila Cappadocia ini telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia.

Derinkuyu Cave Turki

Derinkuyu Cave Turki

Sejarah wisata Turki di Cappadocia ini berawal dari jaman Kerajaan Hittites lebih dari 3000 tahun yang lalu. Kerajaan Hittites merupakan salah satu Imperium termaju di dunia kuno yang berkuasa dari tahun 1700 SM hingga 1190 SM. Cappadocia dalam bahasa lokal, disebut juga dengan istilah Kapadokya atau yang memiliki arti negeri dengan kuda-kuda yang sangat indah.

Suasana Cappadocia di negara Turki ini berada di kawasan lembah pegunungan, ngarai dan formasi bebatuan alami akibat pengikisan akibat angin dan hujan yang telah berlangsung selama ribuan tahun.

Pada zaman dahulu, para penduduk  menggali tanah dan memahat untuk dijadikan sebagai tempat tinggal sehingga menghasilkan penampakan seperti kehidupan di dunia lain. Selain itu, batuan di Cappadocia ini terjadi akibat erupsi-erupsi gunung berapi yang terjadi selama milyaran tahun yang lalu.

Fairy Chimneys Turki

Fairy Chimneys Turki

Akibat proses alamiah erosi angin dan air yang berlangsung secara terus menerus yang terjadi di perbukitan Kapadokya, sehingga mampu menghaluskan atap-atap rumah penduduk yang menghasilkan bentuk tap yang cukup aneh. Dalam istilah ilmiahnya hal ini disebut dengan Fairy Chimneys atau cerobong peri dalam ragam rupa seperti topi, jamur, runcing maupun berbentuk kerucut.

Hasil proses alamiah tersebutlah yang menjadikan Cappadocia di Turki sangat populer dikalangan wisatawan internasional. Disana para wisatawan dapat bertandang ke kota bawahnya yang begitu mengagumkan dan menggapai langit dengan naik balon udara.

Wisata Turki di Cappadocia merupakan salah satu tujuan wisata paling populer di negara Turki. Biasanya para wisatawan berkunjung ke Cappadocia setelah berkunjung dari Istanbul atau Antalya terlebih dahulu.

Dari Istanbul, untuk menuju ke tempat wisata Turki di Cappadocia memerlukan jarak tempuh perjalanan bis selama kurang lebih 12 jam. Sementara jarak Cappadocia dari Kota Antalya yang terletak di sebelah selatan Turki, jarak tempuh yang dibutuhkan sekitar 8 hingga 10 jam perjalanan darat.

Tempat wisata Turki di Cappadocia merupakan salah satu tempat yang unik, tempat ini mempunyai bangunan tempat tinggal dari bebatuan yang berproses secara unik dan terlihat sangat alami. Rumah, restoran, hotel dan museum tersembunyi di dalam batu-batuan tersebut.

Cave House Turki

Cave House Turki

Para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini, akan mempunyai pengalaman tinggal seperti di dalam gua, atau istilahnya Cave House dengan menyewa hotel yang jumlahnya sangat banyak. Harga yang dibutuhkan untuk menikmati wisata Turki di Cappadocia ini cukup bervariasi, dari hotel bertarif murah hingga yang harganya selangit tersedia di sana.

Negara Turki memang benar-benar serius mengurus pariwisatanya, bukan hanya sarana transportasi yang memadai di setiap kota, akan tetapi begitu juga dengan akomodasinya yang juga tak kalah memadai untuk wisatawan. Ketika Anda berkunjung ke Cappadocia, tinggal di dalam hotel gua juga tak kalah nyamannya dengan menginap di hotel berbintang.

Ketika udara luar suhunya bisa mencapai 30 derajat celcius, namun suhu dalam goa tersebut tetap stabil walaupun udara di luar sangat panas ataupun selama musim dingin. Terdapat beberapa tempat yang menjadi daya tarik di Cappadocia, seperti diantaranya adalah gereja tua dan museum yang terletak di dalam gua. Museum yang paling populer disana adalah Museum Goreme Open Air. Pengunjung harus membeli tiket 20 Lira atau sekitar 90.000 Rupiah untuk dapat masuk.

Museum Goreme Open Air

Museum Goreme Open Air

Sementara tempat wisata Turki di Cappadocia yang tak kalah menarik lainnya adalah gereja peninggalan era Konstantin yaitu Forgotten Cave Churches yang terletak di Lembah Cappadocia. Tempat-tempat wisata tersebut setiap harinya selalu ramai dikunjungi para wisatawan dari berbagai penjuru dunia.

Dan satu hal yang tak boleh dilewatkan ke berkunjung ke wisata Turki di Cappadocia adalah menikmati udara di ketinggian dengan naik balon udara di senja ataupun pagi hari. Di dua waktu tersebut, langit di kawasan Goreme akan tertutupi oleh puluhan balon udara berbagai warna.

Dengan membayar sekitar 120 Euro per orang atau sekitar 2 juta rupiah, Anda bisa menaiki balon udara yang mempunyai kapasitas maksimal 20 orang. Dengan ketinggian balon udara yang mampu mencapai 600 kaki, para pengunjung seolah-olah dibawa mandaki langit di atas kota bersejarah di negara Turki ini.

Dari ketinggian tersebut, seluruh kawasan Goreme akan terlihat dengan sangat jelas. Lembah-lembah yang terukir secara rapi dan rumah-rumah dari bebatuan yang megah merupakan pemandangan yang sangat indah tiada duanya. Dijamin para pengunjung akan sangat puas dan takjub akan keindahan alam yang sangat langka ini.

Balon Udara Turki

Balon Udara Turki

Namun ada hal yang harus Anda perhatikan ketika ingin menaiki balon udara di wisata Turki di Cappadocia ini. Cuaca di tempat tersebut cenderung lebih dingin bila dibandingkan dengan cuaca Kota Istanbul.  Jika salju turun lebat atau sedang angin kencang, maka otomatis balon udara tidak akan bisa mengudara.

Jadi, menikmati wisata Turki di Cappadocia memang sangat bergantung dengan cuaca saat hari itu. Tidak jarang pengunjung merasa kecewa karena gagal untuk naik balon udara. Apabila Anda ingin memastikan dapat mengudara dengan balon udara di Cappadocia, usahakan untuk menginap terlebih dahulu 2-3 malam. Sehingga ketika Anda pagi itu tidak dapat naik balon udara, maka masih ada harapan keesokan harinya.

Selamat berlibur dan bersenang-senang di Cappadocia, jangan lupa untuk selalu mengabadikan saat-saat bahagia dan berharga ya.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.