free web tracker
Beranda » Blog » Menikmati Atmosfer Abad ke-12 dengan Berpetualang ke Menara Pisa

Menikmati Atmosfer Abad ke-12 dengan Berpetualang ke Menara Pisa

Bekerja, menjadi satu hal yang mesti dilakukan oleh setiap orang. Dalam kesibukan tersebut manusia juga membutuhkan hiburan untuk melepas penat selama berhari-hari bekerja. Bagi Anda yang ingin berlibur ke destinasi wisata Eropa, simak dulu ulasan obyek wisata Menara Pisa berikut :

Italia merupakan negara yang terkenal dengan sepakbolanya, baik bintang-bintang sepakbola di lapangan maupun klub-klub bolanya yang banyak menjadi tim favorit oleh beberapa penggemar bola di Indonesia. Tak heran kalau jersey dari tim-tim itu selalu laris di pasaran. Selain dunia bola, Italia juga terkenal dengan obyek wisatanya yang menarik untuk Anda kunjungi, Menara Pisa salah satunya.

Menara Pisa

Menara Pisa

Dilihat dari bentuknya, Menara Pisa adalah menara yang sangat unik karena bangunanya tidak berdiri tegak lurus ke atas, namun sedikit miring (condong). Karenanya, Menara Pisa disebut juga dengan Menara Condong Pisa.

Di sekitar Menara Pisa, terdapat kompleks yang disebut dengan Piazza dei Miracoli yang dikenal dengan alun-alun Katedral dan letaknya di Kota Pisa, Tuscany, Italia. Aea obyek wisata Menara Pisa ini adalah sebuah taman dengan rerumputan pada sebagiannya dan bagian lainnya adalah tanah padat bersemen.

Piazza dei Miracoli didominasi oleh 4 buah bangunan yang indah berwarna putih yang dikelilingi dengan pagar serta bangunan lain yang tak kalah menariknya. Empat bangunan utamanya bernama Duomo (Katedral), Baptistery, Menara Pisa dan Camposanto. Nah, obyek wisata Menara Pisa inilah yang paling terkenal serta menjadi ikon terkenal dari Italia.

Menara Pisa dianggap sebagai salah satu pusat seni yang berasal dari abad pertengahan yang paling utama di dunia dan telah masuk dalam 7 Keajaiban Dunia serta Situs Warisan Dunia UNESCO.

Seperti apakah bangunan-bangunan utama di kompleks Menara Pisa “Piazza dei Miracoli” ini? Simak ulasannya berikut ini :

Baptistery

Baptistery

Baptistery

Bangunan ini terletak di sisi paling barat dari Piazza dei Miracoli. Nama ‘Baptistery’ diambil karena bangunan ini menjadi tempat pembaptisan yang didedikasikan untuk sang pembaptis yaitu St. John. Awal pembangunan Baptistery adalah pada awal pertengahan abad ke-12 dengan lama pembangunan hingga mencapai 2 abad.

Bentuk bangunan Baptistery adalah melingkar dengan atap yang berbentuk kubah. Warna dan gaya arsitekturnya selaras dengan katedral. Bangunan tersebut memiliki warna putih dan bergaya arsitektur Romanesque style, sedangkan pada bagian teras dengan tiang-tiang atau loggia, kubah, dan tingkat teratas menggunakan gothic style.

Untuk masuk ke Baptistery, Anda bisa melewati pintu masuk di sisi timur, tepatnya di depan sisi barat bangunan Duomo. Keliling bangunan ini mencapai 107,25 meter dan termasuk Baptistery yang paling luas di Italia. Meskipun begitu, bagian dalam bangunan cenderung polos dengan dekorasi yang minim.

Salah satu benda yang bisa Anda temui di dalamnya adalah bak tempat air yang berfungsi sebagai pembaptisan. Bentuknya octagonal dengan patung perunggu pada bagian tengahnya, ada juga mimbar berukir yang merupakan pelopor penting seni ukir Renaissance Itali.

Duomo atau Pisa Cathedral

Duomo atau Pisa Cathedral

Duomo atau Pisa Cathedral

Duomo ini menjadi jantungnya kompleks tempat wisata Menara Pisa atau Piazza dei Miracoli yang dibangun di tahun 1064 dengan desain yang sangat unik. Bangunan ini menjadi inspirasi munculnya model gaya arsitektur Romanesque style ala Pisa.

Duomo ini tak jauh beda dengan gereja pada umumnya. Bentuknya salib dan membujur hadap timur, sedangkan bagian mukanya menghadap arah barat. Nah, di sisi inilah ada 3 pintu masuk utama katedral. Namun, jamaah gereja tetap bisa masuk melalui pintu lain di depan Menara Pisa.

Eksterior Duomo berwarna putih dan abu-abu yang merupakan kombinasi antara batu dengan marmer. Sedangkan dinding dalamnya berlapis marmer hitam dan putih. Bagian langit-langit bangunan dihiasi motif keemasan bersepuh emas. Langit-langit kubahnya berhiaskan lukisan dinding berwarna-warni (fresco).

Bagian yang paling menonjol dalam bangunan adalah adanya gambar mozaik yang colorful tentang Kristus yang diapit Blessed Virgin Mary dan St. John the Evangelist. Duomo ini memiliki 5 ruang tengah gereja (nave), tiga diantaranya berada pada bagian tangan salib.

Mitosnya, dulu Galileo merumuskan teori pergerakan pendulum saat memperhatikan ayunan lampu dupa yang tergantung pada langit-langit Duomo. Lampu tersebut (yang lebih kecil dari yang terpasang sekarang) disimpan di Aulla Chapel di Camposanto.

Menara Pisa

Menara Pisa Italy

Menara Pisa Italy

Tempat wisata Menara Pisa terletak di sebelah timur atau bagian belakang Duomo. Menara Pisa atau Menara Condong sudah terkenal di seluruh dunia karena kemiringannya. Sulit dipercaya jika bangunan ini tidak roboh setelah berdiri sejak berabad silam.

Pada dasarnya Menara Pisa merupakan menara lonceng yang berdiri terpisah dari Katedral atau Duomo. Awal pembangunannya adalah pada tahun 1173 dalam tiga tahap. Tak main-main, waktu yang dibutuhkan untuk membangun Menara Pisa adalah selama 177 tahun.

Sejarahnya, lima tahun pertama pembangunan Menara Pisa baru mencapai lantai 2. Dan saat itulah pembangunan dihentikan karena ambles sehingga miring ke sisi selatan. Hal ini disebabkan karena pondasi bangunan yang buruk serta tanahnya yang tidak stabil.

Pemberhentian pembangunan mencapai waktu hampir 10 tahun karena perang yang terjadi terus menerus dengan Lucca, Genoa dan Florence. Hal ini menyebabkan lapisan tanah bagian bawah malah menjadi semakin stabil dan mencegah ambruknya menara.

Ketika pembangunan diteruskan, pemerintah menyiasatinya dengan membuat dinding-dinding lantai selanjutnya sedikit lebih tinggi pada bagian sisi yang miring. Sedangkan pada bagian utara dibuat makin rendah. Jika diamati, menara berbentuk sedikit melengkung.

Kemiringan tempat wisata Menara Pisa terakhir mencapai 3,99o. Ini artinya bagian puncak melenceng sejauh 3,9 meter dari posisi seharusnya secara horizontal. Karena tinggi pada sisi utara dan selatan berbeda, maka jumlah anak tangganya pun berbeda.

Pada bagian utara terdapat 296 anak tangga dan 294 anak tangga pada sisi selatan. Loncengnya berjumlah 7 buah dengan berat yang variatif, mulai dari 300 kg hingga yang terberat 3,6 ton. Wow, fantastis!

Camposanto

Camposanto

Camposanto

Terletak di tepi utara kompleks tempat wisata Menara Pisa, terdapat area pemakaman tertutup yang disebut Camposanto yang berarti Holy Field atau tanah suci. Dahulu, tempat ini adalah tanah yang sakral yang diangkut ke Pisa dari Perang Salib abad 12. Bangunan ini memiliki gaya arsitektur gothic. Selain merupakan areal pemakaman, ada juga koleksi patung dan peti batu Romawi yang kini hanya tersisa 84 buah saja.

Tempat terakhir selain 4 bangunan utama di kompleks tempat wisata Menara Pisa adalah Ospedale Nuovo. Letaknya ada di Santo Spirito atau New Hospital of Holy Spirit. Bangunan ini adalah bekas rumah sakit untuk fakir miskin, peziarah, dan anak-anak terlantar. Namun, kini fungsi bangunan ini bukan lagi sebagai rumah sakit, melainkan tempat menyimpan gambar asli lukisan dinding Camposanto atau dikenal juga sebagai Museum of Sinopias.

Nah, obyek wisata Menara Pisa di Italia sangat menarik untuk dikunjungi, bukan? Anda bisa merasakan atmosfer klasik saat mengunjungi bangunan penuh sejarah ini. Dan pastinya, akan terlihat kece dan full style dengan spot foto yang menarik untuk diabadikan. Yuk, segera persiapkan dan masukkan Menara Pisa dalam daftar liburan Anda!

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.