free web tracker
Beranda » Blog » Wisata Turki DI Istana Topkapi Akan Memberikan Anda Pengalaman Menarik dan Tak Terlupakan

 Wisata Turki DI Istana Topkapi Akan Memberikan Anda Pengalaman Menarik dan Tak Terlupakan

Topkapi Turki

Topkapi Turki

Berbicara mengenai negara Turki pasti tak akan lepas dengan sejarah Dinasti Usmani yang berkuasa lebih dari 600 tahun lamanya. Pastinya dalam kurun waktu yang lama, keluarga Dinasti Usmani meninggalkan berbagai macam peninggalan yang dapat dinikmati hingga saat ini, berupa istana kesultanan yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai belahan dunia.

Berwisata ke Turki pastinya tak akan lengkap apabila Anda melewatkan untuk berkunjung ke berbagai istana megah peninggalan kerajaan Turki Usmani. Salah satu istana yang paling terkenal hingga ke berbagai negara adalah Istana Topkapi. Menikmati wisata turki di Istana Topkapi tak ayal seperti Anda pergi ke masa lampau menikmati kehidupan para Kholifah Turki Usmani.

Istana ini merupakan pusat administrasi Kesultanan Turki Usmani dan merupakan kediaman sultan dengan keluarganya serta para pelayannya ini sangat mewah dan besar. Luasnya sendiri mencapai 700.000 meter persegi dan dikelilingi tembok sepanjang 5 kilometer.

Istana Topkapi atau yang dikenal dalam bahasa Turki dengan istilah Topkapi Sarayi adalah tempat tinggal keluarga kerajaan, dan juga bangsawan ataupun tamu-tamu kerajaan yang berkunjung ke negara ini. Wisata Turki di Istana Topkapi yang dahulu merupakan tempat tinggal bagi keluarga kerajaan telah berubah menjadi museum yang menyediakan berbagai macam pertunjukan bagi wisatawan.

Topkapi Sarayi

Topkapi Sarayi

Menikmati Wisata Turki di Istana Topkapi pastinya akan menjadi pengalaman yang luar biasa bagi Anda. Istana Topkapi saat ini telah ditetapkan oleh Unesco pada tahun 1985 sebagai salah satu warisan dunia. Istana Topkapi mempunyai daya tarik tersendiri bagi umat muslim yang berkunjung disana karena istana ini menyimpan berbagai peninggalan dari Nabi Muhammad SAW.

Berbagai benda dan peninggalan milik Nabi Muhammad, sahabat dan keluarganya tersimpan secara baik di istana ini, seperti jubah maupun pedang. Selain itu, terdapat sejumlah barang penting yang melekat pada Ka’bah tempo dulu juga tersimpan dengan baik. Istana Topkapi merupakan saksi bisu dari kejayaan Islam di masa lampau.

Topkapi Palace atau Istana Topkapi tak lain  merupakan tempat tinggal bagi sultan Turki Usmani salaam lebih dari 400 tahun. Lokasi istana ini masih berada di dalam kawasan Sultan Ahmet yang merupakan Old City Istanbul, yang dekat dengan Blue Mosque dan juga Hagia Sophia.

Berbeda dengan kebanyakan istana di Negara Eropa lainnya yang terdiri dari kastil yang tinggi serta dikelilingi halaman istana yang luas. Istana Topkapi terdiri dari banyak bangunan yang tersebar di atas bukit menghadap Teluk Horn dan juga Selat Bosphorus.

Topkapi Interior

Topkapi Interior

Pembangunan Istana Topkapi ini merupakan perintah Sultan Mehmed II dan dimulai pada tahun 1459. Sultan Mehmed II yang mendapat julukan sebagai penakluk Bizantium Konstantinopel ini merupakan penggagas atas berdirinya Istana Topkapi yang berdiri megah di Kota Istanbul sekarang.

Mengunjungi Wisata Turki di Istana Topkapi ini memiliki empat halaman yang utama yang cukup luas serta terdapat banyak bangunan yang relatif lebih kecil yang merupakan rumah bagi 4000-an orang, dimana bangunan-bangunan tersebut berupa masjid, toko roti, rumah dan berbagai tempat lainnya.

Istana-istana ini menjadi tempat bagi Sultan Turki Usmani dan juga para istri, para selir dan para pejabat kerajaan lainnya. Istana bergaya arsitektur Ottoman dan Baroque ini terdiri dari 5 kompleks istana.

Istana pertama merupakan istana bagi para tentara kerajaan. Disini terdapat Gereja Bizantium Aya Irini yang telah berganti fungsi menjadi gudang. Istana kedua merupakan tempat bagi Sultan untuk memerintah kerajaannya. Di istana kedua ini terdapat banyak pavilion, taman, barak dan juga dapur.

Gereja Bizantium Aya Irini

Gereja Bizantium Aya Irini

Dapur istana sendiri berukuran sangat besar dan luas karena pada waktu itu, kerajaan ini mempekerjakan 800 pegawai untuk memenuhi kebutuhan bagi 4000 orang yang tinggal di kompleks istana. Di dalam dapur istana sendiri terdapat puluhan ribu koleksi keramik dari China, yang terkenal bisa berubah warna ketika terkena racun demi menjaga keselamatan Sultan.

Saat Anda Mengunjungi Wisata Turki di Istana Topkapi, Anda juga akan menemukan Tower of Justice pada kompleks Istana kedua. Di bawah tower ini sendiri  merupakan lokasi harem atau tempat tinggal bagi para selir. Harem secara harfiah berarti terlarang. Di lokasi ini ditinggali oleh 4 istri Sultan dan juga 300 selirnya. Istana ini dijaga oleh para pelayan kasim.

Sementara itu, pada kompleks istana yang ketiga merupakan tempat tinggal pribadi bagi Sultan sekaligus tempat Sultan untuk menjamu utusan kerajaan atau tamu dari negara lain.  Dan pada istana yang keempat, terdiri dari pavilion dan juga Restoran Konyali.

Istana Topkapi ini sendiri telah mengalami berbagai perjalanan panjang dari mulai berdiri hingga sekarang ini. Diawali setelah abad ke 17, Istana Topkapi secara bertahap telah kehilangan kepentingannya dimana sebagai Sultan lebih suka mengahabiskan waktunya di istana yang baru yaitu Istana Dolmabache yang terletak di dekat Selat Bosphorus.

Tower of Justice

Tower of Justice

Pada tahun 1856, Sultan Abdul Mecid memutuskan untuk pindah dan memilih membangun istana baru yaitu Istana Dolmabache sebagai kediaman para sultan yang merupakan istana bergaya Eropa pertama di Kesultanan Ottoman.

Selain sebagai museum, Istana Topkapi juga memiliki beberapa fungsi dewasa ini. Seperti tempat penyimpanan untuk harta kerajaan seperti koleksi jubbah, senjata, porselen, perisai, naskah-naskah kaligrafi Islam dan mural yang besar.

Setelah kejatuhan Kekaisaran Turki Usmani pada tahun 1923, Istana Topkapi berubah fungsi dengan dikeluarkannya keputusan pemerintah pada tanggal 03 April 1924 menjadi Museum Era Imperial. Museum Topkapi ini dikelola oleh Departemen kebudayaan dan pariwisata. Kompleks Wisata Turki di Istana Topkapi ini memiliki ratusan kamar dan ruangan, namun hanya beberapa yang dapat diakses untuk umum.

Istana Topkapi ini sekarang dijaga oleh pejabat kementrian dan pasukan bersenjata penjaga militer Negara Turki. Istana Topkapi ini mencakup banyak sekali contoh arsitektur yang sangat khas dari Kekaisaran Turki Usmani.

Imperial Stables

Imperial Stables

Jika Anda mengunjungi istana ini, trem adalah sarana transportasi paling mudah untuk menuju kesana. Setelah itu, Anda bisa berjalan kaki sebentar, suhu yang sejuk ala negara sub tropis, pemandangan bunga tulip disepanjang jalan, serta berderet toko souvenir di kanan kiri akan membuat perjalanan itu sendiri merupakan sebuah pengalaman wisata tak terlupakan.

Untuk masuk ke dalam istana, Anda harus antre terlebih dahulu pada gerbang yang pertama. Di gerbang pertama ini akan dilakukan pengecekan tiket masuk. Harga tiket masuk istana ini sendiri sebesar 30 Lira atau sekitar 143.000 Rupiah.  Selanjutnya, di gerbang yang kedua akan dilakukan pemeriksaan barang bawaan dengan menggunakan mesin X-ray.

Penjagaan di Istana Topkapi memang masih sangat ketat dan kuat, seolah masih terdapat Sultan yang masih tinggal di dalamnya. Pasukan bersenjata lengkap berdiri dengan gagah berpasangan di setiap pintu istana.

Pengalaman menarik ini bisa didapatkan saat Anda menikmati Wisata Turki di Istana Topkapi. Pengalaman yang luar biasa akan Anda dapatkan setelah berkunjung ke istana peninggalan kejayaan islam di masa lampau ini. Jadi, kapan Anda akan mampir kesini?

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.