free web tracker
Beranda » Blog » Mau Wisata ke Eropa saat Waktu Senggang Sedikit, Yuk ke Brussels Aja!

Mau Wisata ke Eropa saat Waktu Senggang Sedikit, Yuk ke Brussels Aja!

Mau Wisata ke Eropa saat Waktu Senggang Sedikit, Yuk ke Brussels Aja!

Area yang membentuk sebuah negara ini dengan luas mencapai 161,38 km2, memiliki 19 kotamadya, Kota Brussels (Belgia) memiliki tingkat kepadatan penduduk cukup tinggi yaitu mencapai 1,8 juta jiwa. Tak hanya penduduknya, kota metropolitan Belgia tersebut juga semakin padat dengan banyaknya wisatawan yang menyambangi kota sebagai Ibu Kota Uni Eropa. Negara yang mayoritas penduduknya berbahasa Perancis dan Belanda itu sangat popular dengan pesona keindahan bangunan klasiknya serta beberapa destinasi wisatanya. Anda mau wisata ke Eropa, tapi waktu untuk itu tak banyak, obyek wisata  di Brussels bisa jadi alternatif yang pas untuk Anda!

Nah, berikut beberapa destinasi wisata di Brussels yang bisa Anda kunjungi, bahkan dalam waktu kurang dari sehari :

Parc du Cinquantenaire

Parc du Cinquantenaire

Parc du Cinquantenaire

Parc du Cinquantenaire atau biasa disebut Jubelpark adalah sebuah taman kota yang terletak di ujung European Quarter, Brussels. Taman sejuk sebagai salah satu tempat wisata di Brussels yang dibangun pada tahun 1880 silam ini memiliki lahan seluas 30 hektar dengan bentuk lanskap letter U.

Taman tersebut diberi nama Parc du Cinquantenaire atau dalam bahasa Inggrisnya “Park of the Fiftieth Anniversary” karena taman tersebut dibangun dalam memperingati hari kemerdekaan Belgia ke-50 kala itu.

Meski berupa taman, tidak semuanya terdiri dari hamparan rumput hijau dan bunga saja lho, tapi ada juga beberapa bangunan klasik dengan gaya arsitektur Eropa. Sebagian besar dari bangunan yang ada dalam kawasan Parc du Cinquantenaire tersebut dibangun pada masa pemerintahan King Leopold II yang kini menjadi milik pemerintahan Belgia.

Pada bagian tengah tempat wisata di Brussels yang luas itu terdapat sebuah monumen kemenangan (triumphal arch) yang terbuat dari besi, batu, dan kaca. Area di ujung barat laut taman ini terdapat masjid tertua di Brussels, Great Mosque of Brussels. Pada taman yang sebagian besarnya rerumputan itu juga terdapat kolam dan air mancur yang menambah kesan sejuk pada Parc du Cinquantenaire.

Grand Place

Grand Place

Grand Place

Tempat wisata di Brussels yang satu ini sebenarnya adalah sebuah lapangan, namun bukan sembarang lapangan, Grand Place atau Grote Markt ini telah masuk dalam daftar UNESCO World Heritage Site yang dijadikan sebagai landmark Kota Brussels itu sendiri.

Landmark yang berada tepat di pusat Kota Brussels itu menjadi sangat istimewa karena dikelilingi oleh beberapa bangunan penting di sekitarnya, termasuk Brussels Town Hall & Breadhouse (Broodhuis).

Lapangan seluas 68 m x 100 m tersebut awalnya dibangun pada abad ke-11 dan diberi nama Nedermerckt  atau Lower Market, kemudian pada abad ke-14 lapangan tersebut semakin berkembang dengan berdirinya bangunan penting di sekelilingnya.

Namun pada tahun 1695 silam, tempat wisata di Brussels itu mengalami kerusakan yang parah akibat terjadinya perang. Setelah perang berakhir, lapangan tersebut direvitalisasi kembali. Hingga kini, setiap bulan Agustus (setidaknya setiap 2 tahun sekali) lapangan tersebut penuh warna dengan hiasan beragam jutaan bunga begonia yang membentuk seni raksasa berukuran 24×77 meter, hingga dijuluki sebagai “Flower Carpet”.

Royal Palace Brussels

Royal Palace Brussels

Royal Palace Brussels

Istana Kerajaan Belgia yang dalam Bahasa Perancis-nya Koninklijk Paleis van Brussels tersebut berada di Rue Brederode, pusat Kota Brussels. Meskipun tempat wisata di Brussels tersebut merupakan istana resmi Kerajaan Belgia, namun keluarga kerajaan malahan memilih Royal Palace of Leaken yang berada di pinggiran Kota Brussels sebagai tempat tinggalnya.

Istana yang berada di Brussels Park itu dibangun pertama kali dengan arsitektur Neoclassical pada tahun 1783. Bangunan yang letaknya tak jauh dari bangunan Belgian Federal Building lainnya ini menyimpan banyak koleksi kerajaan, seperti furniture dan foto milik Raja Napoleon, Leopold I, Leopold II serta Louis Philippe I. Adapun waktu kunjung yang diperbolehkan di istana ini mulai dari pukul 10.30 hingga 15.45 waktu setempat.

Atomium

Atomium

Atomium

Atomium yang dijadikan sebagai ikon negara Belgia menjadi salah satu spot wisata yang paling terkenal di Brussels. Tempat wisata di Brussels tersebut sebenarnya merupakan sebuah bangunan dengan bentuk fasade membentuk susunan atom dalam ilmu kimia.

Atomium yang terletak tepat di Kota Brussels itu dibangun pertama kali pada 1958. Selain bentuknya yang terlihat unik, bangunan tersebut juga terlihat sangat kokoh dengan tinggi mencapai 102 meter, ada 9 bola berdiameter 18 meter, serta pipa berdiameter 3 meter yang menghubungkan antar bola tersebut. Bagi Anda yang ingin mengunjungi Atomium ini, selain menaiki tangga Anda bisa sedikit berleha-leha karena di dalamnya terdapat lift dan eskalator.

Lima bola Atomium digunakan sebagai ruang pameran, dan pada bola teratas terdapat sebuah restoran yang akan menyambut para pengunjung untuk menikmati kuliner kota Brussels dengan sudut pandang panorama keindahan kota (hingga mencapai 360 derajat) mulai pukul 10.00 hingga 18.00 waktu setempat.

Zavel / Sablon

Petit Sablon

Petit Sablon

Tempat wisata di Brussels lainnya yakni Zavel atau Sablon yang terletak tepat di Kota Brussels. Terbagi menjadi 2 tempat dan dipisahkan oleh Gereja Our Blessed Lady. Pada area yang lebih luas disebut dengan Grand Sablon dan area yang lebih kecil, Petit Sablon berada di atas bukit.

Area Grand Sablon yang dibangun pada abad ke-14 itu sekarang didominasi oleh beragam toko, restoran, butik, hotel, dan pemukiman, sedangkan pada area Petit Sablon lebih banyak digunakan untuk taman, air mancur, pepohonan dan beragam patung.

Mont des Arts

Mont des Arts

Mont des Arts

Salah satu taman tempat wisata di Brussels yang juga merupakan area wisata sejarah tersebut berada di pusat Kota Brussels. Nama Mont de Arts sendiri diambil dari tempat dimana taman itu berada yaitu sebuah bukit.

Kawasan yang dibangun oleh King Leopold II pada akhir abad ke-19 tersebut awalnya hanyalah lahan kosong. Pada tahun 1910, kemudian disulap menjadi taman-taman hijau ketika Brussels menjadi tuan rumah dari Universal Exposition.

Berada di taman yang dihiasi dengan air mancur itu, para pengunjung bisa dengan jelas menikmati panorama Kota Brussels karena letaknya berada di atas bukit.

Brussels Town Hall

Brussels Town Hall

Brussels Town Hall

Gedung yang memiliki gaya arsitektur Gothic tersebut sebenarnya adalah sebuah balai kota yang berada di Grand Place, Brussels. Tempat wisata di Brussels itu awalnya di bangun pada tahun 1402 dan baru selesai pada tahun 1420. Menara yang tingginya mencapai 96 meter itu terkenal dengan menara loncengnya yang bergaya Brabantine Gothic.

Sedangkan pada bagian eksterior gedung itu dihiasi dengan patung-patung para tokoh bangsawan dan beberapa tokoh penting lain di Belgia. Sayangnya, destinasi wisata yang sangat klasik ini hanya dibuka untuk umum pada hari Rabu pukul 13.00-15.00 dan hari Minggu mulai pukul 10.00-16.00 waktu setempat.

Mini Europe

Mini Europe

Mini Europe

Eropa sangat terkenal dengan beragam bangunan klasik dan kaya akan nilai historis, termasuk tempat wisata di Brussels ini. Saking banyaknya destinasi wisata indah di Eropa (terutama Perancis) membuat para wisatawan tak cukup waktu sehari untuk mengunjungi semua destinasi wisatanya.

Namun kini, dengan adanya Mini Europe, sebuah taman yang berada di Brupack, di area bangunan ikonik Atomium Brussels, Anda bisa menyaksikan semua bangunan penting di Eropa hanya di satu lokasi.

Taman yang memiliki luas hingga 2,4 hektar tersebut dibangun pada tahun 1989 yang menyajikan berbagai bangunan dan landmark Eropa dengan skala miniatur 1:25 (ada 350 miniatur dari 80 kota di seluruh Eropa).

* * *

Bagaimana, Anda tertarik untuk segera ke sana? Perlu diingat, selain menambah referensi tempat wisata di Brussels yang menarik perhatian banyak wisatawan itu, Anda juga tak ada salahnya untuk mencari tahu banyak informasi seperti penginapan, transportasi, dan informasi lainnya agar liburan Anda semakin seru.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.