free web tracker
Beranda » Blog » Louvre Museum, Sisi Lain Wisata Perancis Selain Menara Eiffel

Louvre Museum, Sisi Lain Wisata Perancis Selain Menara Eiffel

Wisata Negara Perancis selalu diiidentikkan dengan Menara Eiffel yang terletak di Kota Paris. Bahkan, ada pula yang mengatakan : “Jika Anda belum ke Menara Eiffel, berarti Anda belum sah datang ke Perancis sekalipun Anda menetap lama di sana”. Padahal, ada obyek wisata lainnya yang juga sangat terkenal di Paris tak kalah eksotisnya yaitu Louvre Museum.

Louvre Museum

Louvre Museum

Tempat wisata Louvre Museum  atau dalam bahasa Perancisnya Musee du Louvre ini merupakan sebuah museum yang paling terkenal di Perancis dan menjadi salah satu museum terbesar di dunia. Dahulu, museum (sekarang) ini merupakan sebuah istana kerajaan, namun seiring perkembangan zaman, istana bekas kerajaan ini lalu dialihfungsikan menjadi sebuah museum.

Museum ini menjadi sebuah museum yang bisa dibilang paling banyak dikunjungi di seluruh dunia. Setidaknya, ada lebih dari 8 juta orang yang berkunjung ke museum ini per tahunnya. Museum ini kaya akan nilai sejarah, seni dan menjadi landmark Kota Paris.

Museum ini dibuka secara resmi pada tanggal 10 Agustus tahun 1793 setelah terjadi Revolusi Perancis. Kala itu Museum Louvre ini hanya memiliki koleksi 537 lukisan saja, tapi sekarang telah memiliki ratusan ribu lukisan yang terkenal.

Saat Anda berkunjung ke Louvre Museum ini, Anda akan dihadapkan dengan ratusan ribu karya seni dan berbagai objek pameran yang akan sangat menakjubkan. Termasuk salah satu lukisan terkenal karya seorang pelukis fenomenal dunia, Leonardo da Vinci dengan lukisannya Mona Lisa. Lukisan ini seolah menjadi ikon dari Louvre Museum.

Lukisan Mona Lisa

Lukisan Mona Lisa

Selain lukisan Mona Lisa, Anda juga bisa melihat karya seni terkenal lainnya seperti patung Venus of Milo dan Dying Slave hasil karya Michael Angelo, serta ada lebih dari 380 ribu objek pameran dan lebih dari 35 ribu karya seni lainnya yang bisa Anda nikmati.

Untuk bisa menikmati beberapa lukisan utama yang menjadi ikon di tempat wisata Louvre Museum ini, Anda harus masuk melalui pintu masuk utama, yaitu di Louvre Pyramid. Selain melalui Louvre Pyramid, Anda juga bisa memasuki museum melalui mall bawah tanah / Carrousel du Louvre dan Denon Wing / Porte des lions.

Sebenarnya untuk bisa memasuki museum ini, Anda tidak harus melewati pintu utama, hanya saja jika Anda ingin melihat karya seni yang fenomenal di dunia, (sebagai saran) cobalah memasuki melalui pintu masuk utama, karena pada Piramida Louvre inilah terdapat Lukisan Mona Lisa karya Leonardo Da Vinci.

Keberadaan Louvre Pyramide semakin populer semenjak lokasi ini digunakan sebagai lokasi syuting film The da Vinci code. Louvre Pyramid merupakan sebuah bangunan yang berbentuk piramida kaca yang didesain oleh arsitek bernama I.M.Pei dari Amerika yang karya desainnya memungkinkan cahaya bisa masuk hingga menuju lantai bawah tanah museum.

Di dalam museum ini, terdapat 8 departemen yang bisa Anda jelajahi satu per satu, antara lain adalah prints and drawings, Egyptian Antiquities, Greek Etrusan and Roman Antiquities, Islamic Art, Sculpture, Decorative Arts, Near Eastern Atiquities, Paintings. Delapan departemen tersebut terbagi menjadi 3 sayap bangunan, yaitu Richelieu, Denon Wing dan Sully. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini ya ..

Richelieu Wing

Richelieu Wing

Richelieu Wing

Untuk bisa menikmati tempat wisata Louvre Museum, Anda bisa menikmati Richelieu Wing terlebih dahulu. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwasanya museum ini terbagi menjadi 3 sayap dengan terdapat 8 departemen di dalamnya, sedangkan jumlah koleksinya sudah ratusan juta karya seni.

Richelieu Wing terdiri atas 3 lantai, yaitu lantai dasar, lantai pertama dan lantai kedua. Pada lantai dasar dan lower ground merupakan sebuah lantai perluasan dari koleksi patung di tempat wisata Louvre Museum ini. patung-patung koleksi dari Louvre Museum ini tertata rapi mengelilingi 2 courtyard yang tertutup kaca, yaitu Cour Marly dan Cour Puget.

Di dalam Cour Marly terdapat sebuah patung yang terbuat dari marmer yaitu Horses of Marly. Patung ini dibuat pada abad 18 yang lalu yang sekarang diletakkan di dekat Tomb of Philipe Pot.

Pada lantai satu, Richelieu Wing ini ditempati oleh karya seni yang bersifat dekoratif atau Departemen Decorative Arts. Karya seni tersebut meliputi furniture, barang-barang unik, keramik, permadani, jam dinding dan lain-lain. Saat berkeliling di lantai ini juga Anda bisa menyaksikan betapa mewahnya dekorasi dari Napoleon III Apartment.

Pada lantai dua merupakan department painting atau ditempati oleh koleksi lukisan-lukisan yang sudah ada sejak zaman kerajaan terdahulu hingga pertengahan awal abad ke 19. Salah satu yang paling terkenal adalah Virgin of Chancellor Rolin dan Lacemaker.

Denon Wing

Denon Wing

Denon Wing

Salah satu lokasi di tempat wisata Louvre Museum yang paling padat pengunjung adalah di Denon Wings ini. Kenapa bisa begitu? Ya, tak lain karena terdapat lukisan karya seniman fenomenal dunia yaitu Lukisan Mona Lisa.

Terdapat jutaan pasang mata yang ingin melihat secara langsung bagaimana anggunnya Mona Lisa dalam lukisan tersebut. Selain itu, ada pula karya master piece lain yang tidak kalah menarik, yaitu karya Paolo Veronese dengan karya lukisannya yang berjudul Wedding at Cana.

Sementara pada lantai dasar dari Denon Wing ini terdapat koleksi Roman dan Etruscan Antiquities serta Scupture. Koleksi Patung di sini berasal dari abad ke-19 pada zaman Ranaissance. Anda bisa menemukan Patung Michaelangelo berjudul Dying Slave serta beberapa artefak yang berasal dari Asia, Oceana, Amerika hingga Afrika.

Pada lantai dasar Denon Wings ini ditempati oleh Islamic Art yang baru dibuka pada tahun 2002. Anda bisa menemukan berbagai koleksi barang antik seperti kaca, logam, karpet, tekstil dan berbagai miniatur. Jumlah karyanya mencapai 5000, dan ada 1000 pecahan karya seni.

Sully Wing

Sully Wing

Sully Wing

Dari 3 sayap museum yang terdapat di tempat wisata Louvre Museum ini, Sully Wings merupakan bangunan yang tertua. Lantai 2 pada Sully Wing ini ditempati oleh Departement Paitings dan Prints and Drawings. Semua karya seni di sini berasal dari Negara Perancis sendiri.

Pada lantai satu ditempati oleh barang-barang Antik yang berasal dari Mesir Kuno meliputi patung, karya seni, mumi, pakaian, alat musik, perhiasan dan peralatan lainnya. Anda juga bisa menemukan dua patung paling terkenal yaitu Venus of Milo dan Seated Scribe.

* * *

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai tempat wisata Louvre Museum. Menarik sekali, bukan? Selain bisa melihat berbagai karya seni mengagumkan dari berbagai belahan dunia, Anda pun bisa mempelajari berbagai sejarah dan kebudayaannya, dan pastinya, wawasan Anda akan lebih luas dan terbuka saat mengunjungi museum ini.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.