free web tracker
Beranda » Blog » 7 Tempat Wisata Di Istanbul Turki yang patut Anda kunjungi

7 Tempat Wisata Di Istanbul Turki yang patut Anda kunjungi

Turki

Turki

Siapa yang tidak mengenal negara Turki? Negara yang terletak di antara dua benua ini memiliki pesona wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Selain memiliki keindahan alam yang luar biasa, negara Turki juga terkenal akan bangunan sejarah peninggalan masa lampau yang masih terawat dengan baik, terutama di kota Istanbul.

Istanbul merupakan salah satu kota paling penting yang ada di negara Turki. Selain sebagai pusat ekonomi, budaya dan pusat pariwisata negara Turki, kota Istanbul juga sangat istimewa karena berada diantara dua benua Asia dan Eropa. Berikut 7 tempat wisata di Istanbul Turki yang patut dikunjungi ketika Anda melancong ke negara ini.

  1. Hagia Sophia
Hagia Sophia Turki

Hagia Sophia Turki

Tempat wisata di Instanbul Turki yang pertama patut Anda kunjungi yaitu Hagia Sophia. Pada awalnya bangunan  ini merupakan Gereja Ortodoks, namun ketika Konstantinopel (nama kota Istanbul sebelum jatuh ke tangan Islam) berhasil dikuasai oleh pasukan kesultanan Ottoman, Hagia Sophia berubah fungsi menjadi bangunan masjid.

Fungsi Hagia Sophia kembali berubah ketika penguasa Turki membangun Masjid Biru yang terletak tak jauh dari Hagia Sophia. Kemudian Hagia Sophia dijadikan sebagai museum yang menyimpan banyak sejarah tentang peradaban Turki.

Bangunan ini merupakan perpaduan antara budaya Barat dan juga budaya Islam. Hagia Sophia tidak hanya menawarkan wisata sejarah, namun juga menyajikan keindahan arsitektur bangunannya. Jadi tidak mengherankan apabila bangunan ini menjadi salah satu tempat wisata di Instanbul Turki yang paling banyak dikunjungi wisatawan dari seluruh dunia.

  1. Istana Topkapi
Istana Topkapi Turki

Istana Topkapi Turki

Istana Topkapi merupakan salah satu tempat wisata di Istanbul Turki yang tak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke negara ini. Istana Topkapi merupakan istana peninggalan kesultanan Ottoman. Istana ini dibangun pada tahun 1459 pada masa Sultan Mehmed II.

Istana ini telah menjadi tempat tinggal bagi para kholifah Turki Usmani lebih dari 400 tahun lamanya hingga akhirnya saat ini difungsikan sebagai tempat wisata di Istanbul Turki khususnya wisata sejarah.

Di dalam Istana Topkapi para pengunjung baik dari dalam maupun luar negeri bisa melihat koleksi porselin, senjata dan barang-barang bersejarah lainnya peningggalan kesultanan Ottoman. Selain itu, istana Topkapi juga menyajikan pemandangan indah selat Bosphorus untuk para wisatawan yang berkunjung ke istana ini.

  1. Istana Dolmabahce
Istana Dolmabache Turki

Istana Dolmabache Turki

Tempat wisata di Istanbul Turki yang paling populer selanjutnya yaitu Istana Dolmabahce. Istana ini terletak di garis pantai selat Bosphorus, tepatnya Distrik Besiktas. Istana ini selesai dibangun pada tahun 1856 dan langsung difungsikan untuk pusat pemerintahan Kesultanan Ottoman.

Namun di jaman sekarang, fungsi dari Istana Dolmabahce beralih menjadi tempat wisata di Istanbul Turki sebagai bagian dari bangunan warisan nasional negara Turki. Di dalam istana ini terdapat beragam koleksi mewah peninggalan Kesultanan Ottoman.

Koleksi yang paling terkenal dari istana Dolmabahce adalah lampu gantung Kristal Bohemian terbesar dunia. Bagi Anda yang berkunjung ke Kota Istanbul, jangan lewatkan untuk mampir ke Istana Dolmabahce yang sangat terkenal di Turki ini.

  1. Basilica Cistern
Basilica Cistern Turki

Basilica Cistern Turki

Tempat wisata di Istanbul Turki selanjutnya yang patut Anda kunjungi yaitu Basilica Cistrern. Basilica Cistern dibangun pada masa pemerintahan Kerajaan Romawi Timur berkuasa di kota ini.  Tempat ini difungsikan sebagai tempat persediaan air untuk istana Topkapi dan juga istana Konstantinopel.

Namun sebelum difungsikan sebagai tempat persediaan air bagi kedua istana, tempat ini merupakan  sebuah bangunan gereja bagi pemeluk agama Kristen.

  1. Masjid Biru
Masjid Biru Turki

Masjid Biru Turki

Masjid yang terletak di Kota Istanbul ini menjadi salah satu dayan tarik wisatawan untuk berkunjung ke kota ini. Sebenarnya nama asli dari masjid ini adalah Masjid Sultan Ahmed, namun masjid ini lebih dikenal sebagai masjid biru karena dinding interiornya dipenuhi dengan hiasan keramik berwarna biru yang sangat mendominasi.

Masjid Biru dibangun pada masa pemerintahan Sultan Ahmed I atau tepatnya pada tahun 1616 Masehi. Masjid ini memiliki gaya arsitektur yang sangat menarik, karena memadukan antara gaya arsitektur Islam dan Ottoman Klasik. Ciri khas dari bangunan ini yaitu banyaknya kubah yang saling bertumpuk diatasnya serta kedua menara yang kokoh berdiri dikedua sisinya.

Selain interior masjid yang dipenuhi dengan lampu dan keramik yang sangat indah, masjid biru juga memiliki halaman yang sangat luas yang menambah kemegahan masjid ini.

Berbeda dengan Hagia Sophia yang beralih fungsi menjadi museum, salah satu tempat wisata di Istanbul Turki ini masih difungsikan sebagai masjid hingga saat ini. Masjid biru aktif digunakan untuk melaksanakan kegiatan keagamaan dan juga merupakan masjid utama di kota ini.

  1. Hippodrome
Hippodrome Turki

Hippodrome Turki

tempat wisata di Istanbul Turki selanjutnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Hippodrome atau dikenal juga dengan nama Sultan Ahmed Square.  Hippodrome sebenarnya adalah tempat pacuan kuda pada jaman Kekaisaran Romawi, namun sekarang menjadi taman atau area terbuka yang ada  di Kota Istanbul.

Taman ini terletak di Kota Istanbul dan berada dalam satu area dengan tempat wisata di Istanbul Turki yang lainnya, seperti Basilica Cistern, Masjid Biru dan juga Hagia Sophia. Bangunan Hippodrome yang ada pada zaman dulu sekarang sudah tidak ada, dan hanya menyisakan 2 obelisk dan 1 pilar.

Di tempat ini juga terdapat banyak bangku taman yang dapat Anda gunakan untuk bersantai maupun beristirahat sejenak setelah selesai berkeliling Basilica Cistern, Masjid Biru dan juga Hagia Sophia.  Jangan lewatkan juga untuk melihat German Fountain yang ada di tempat ini atau air mancur bergaya Neo Byzantine yang merupakan hadiah dari kaisar Jerman.

  1. Galata Tower
Galata Tower Turki

Galata Tower Turki

Tempat wisata di Istanbul Turki selanjutnya adalah Galata Tower. Galata Tower merupakan menara kuno yang berbentuk silinder yang menjadi salah satu landmark bagi negara Turki. Menara ini terletak di Galata, Distrik Beyoglu, Kota Istanbul.

Galata Tower pada jaman dahulu merupakan bagian dari benteng koloni Republik Genoa di Kota Konstantinopel dan dibangun pada tahun 1348. Menara ini memiliki tinggi 66.9 meter dan saat ini telah dikomersialkan oleh pemerintah Turki dan dibuka untuk umum.

Pada lantai atas Galata Tower terdiri dari sebuah restoran, café dan club malam yang menawarkan panomara indah dari Kota Istanbul  dalam 9 tingkat. Ada  juga pemandangan Selat Bosphorus dari ketinggian yang begitu menajubkan. Untuk dapat naik ke atas, para pengunjung bisa naik 2 elevator yang telah disediakan di dalam menara.

Menara Galata merupakan salah satu bangunan terpenting yang ada di negara Turki. Puncak menara yang berbentuk kerucut sering terlihat dari kejauhan  menghiasi kaki langit dari Kota Istanbul. Jadi apabila Anda sedang berwisata ke negara Turki, sempatkan untuk melihatnya dari dekat atau berfoto dengan latar belakang menara ini.

Demikian daftar tempat wisata di Istanbul turki yang patut Anda kunjungi saat berkunjung di negara ini. Tentunya tempat – tempat wisata tersebut akan menyuguhkan kesan yang tidak akan Anda lupakan saat berkunjung ke kota Istanbul.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.