free web tracker
Beranda » Blog » 5 Tempat Wisata Madrid Terpopuler yang Wajib Dimasukkan ke Holiday List Anda

5 Tempat Wisata Madrid Terpopuler yang Wajib Dimasukkan ke Holiday List Anda

5 Tempat Wisata Madrid Terpopuler yang Wajib Dimasukkan ke Holiday List Anda

Bagi Anda yang suka bola pasti tahu klub sepakbola Real Madrid, klub ini memang memiliki banyak penggemar di seluruh dunia termasuk Indonesia. Sesuai dengan namanya, klub tersebut bermarkas di Kota Madrid. Kota yang merupakan ibukota dari negara Spanyol ini juga merupakan kota terbesar di negara yang terkenal akan bintang-bintang sepakbolanya.

Namun perlu Anda ketahui bahwa di kota ini juga terdapat banyak wisata menarik yang mampu memanjakan mata Anda saat berkunjung ke sana. Bahkan, stadion yang menjadi markas pusat klub sepakbola Real Madrid juga menjadi tempat wisata Madrid yang paling populer.

Sebenarnya selain stadion, masih ada tempat-tempat wisata yang wajib Anda kunjungi saat berkunjung ke kota yang berada di Sungai Manzanares itu. Beberapa tempat wisata Madrid yang berada di sisi tengah negara Spanyol tersebut bisa Anda simak dalam artikel ini.

Museum Prado (Museo Del Prado)

Museum Prado (Museo Del Prado)

Museum Prado (Museo Del Prado)

Pada umumnya yang menjadi daya tarik sebuah museum adalah isi yang dipamerkan, tetapi berbeda dengan museum Prado ini. Selain koleksi dan pamerannya, bentuk  bangunan dari  Museum Prado juga banyak dikagumi para wisatawan. Gaya bangunan museum ini bercorak neo klasik seperti kuil-kuil di Yunani. Dibuka pada tahun 1819, Museum Prado ini merupakan museum seni yang tergolong sudah cukup tua.

Setelah Anda masuk, Anda juga akan disuguhi dengan pameran koleksi yang menakjubkan. Koleksi Museo del Prado mencapai puluhan ribu. Diantaranya ada 8.200 gambar, 1.000 patung, 4.800 cetakan dan juga 7.600 lukisan. Selain itu, terdapat juga berbagai dokumen sejarah yang pastinya akan memuaskan Anda yang lapar mata dengan hal-hal berbau sejarah.

Bukan hanya itu saja, beberapa karya seni dari Murillo, Francisco de Goya, Diego Velazquez, serta El Greco juga menjadi koleksi terbesar museum ini. Bayangkan, Anda bisa melihat langsung buah karya tangan-tangan jenius  seniman besar lintas abad ini. Pastinya akan menjadi momen tak terlupakan bukan?

Nah, setelah puas menikmati berbagai galeri, Anda pastinya kelelahan dan merasa lapar. Tak perlu khawatir, sebab ada 2 kafe di dalam museum ini. Selain itu, ada juga toko buku dan toko souvenir untuk yang bisa dijadikan tempat untuk membeli oleh-oleh.

Jika ingin mengunjungi tempat wisata Madrid yang satu ini siapkan uang sebesar 14 Euro atau sekitar 202 ribu jika dirupiahkan. Sementara jika menggunakan jasa pemandu maka biaya yang harus dibayar adalah 23 Euro atau setara dengan Rp. 332.000. Jam operasional Museum Prado mulai jam 10 sampai 8 malam.

Retiro Park

Retiro Park

Retiro Park

Belum lengkap rasanya jika tidak memasukkan Retiro Park ke daftar kunjungan Anda ke tempat wisata Madrid. Sebenarnya, Retiro Park adalah taman istana. Namun, kini siapapun bisa mengunjungi taman yang memiliki panorama indah nan menyejukkan ini.

Anda akan merasakan kenyamanan dan suasananya sejuk yang jauh dari kebisingan kota. Pesona yang ditawarkan Retiro Park paling utama adalah adanya air mancur serta danau yang indah.

Lokasinya tak jauh dari Museum Prado. Tepatnya di belakang tempat wisata Madrid Museo del Prado. Jangan heran jika pengunjung taman ini selalu padat oleh wisatawan. Termasuk diantaranya wisatawan lokal yang datang bersama keluarganya dan wisatawan asing yang berasal dari berbagai negara.

Retiro Park sering dimanfaatkan sebagai tempat untuk melakukan pertemuan. Tak hanya orang dewasa, tempat ini juga dipenuhi anak-anak yang bermain roller skating dan petanca.

Plaza de Espana

Plaza de Espana

Plaza de Espana

Tempat wisata Madrid yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Sebab, di lokasi yang besar dan luas Plaza de Espana, terdapat monumen yang didedikasikan untuk Miguel de Cervantes Saavedra. Saavedra adalah sastrawan yang paling terkemuka pada zamannya. Desainer monument tersebut adalah Pedro Muguruza dan Rafael Martinez Zapatero. Sedangkan pemahatnya adalah Lorenzo Coullaut Valera.

Monumen tersebut sebagian besar bagiannya telah dibangun sejak tahun 1925 hingga 1930. Bisa dibilang monument tersebut memiliki usia yang cukup tua. Sedangkan pembangunannya baru selesai pada tahun 1957 yang dilakukan oleh anak sang pemahat yaitu Federico Coullaut-Valera Mendigutia.

Tempat ini dibuka mulai hari Senin sampai Kamis dengan jam operasional pukul 09.00 hingga 19.00 malam. Khusus hari Jum’at, pengunjung hanya bisa masuk dari jam 9 pagi sampai jam 3 sore. Asyiknya, Anda tidak perlu membayar untuk masuk ke Plaza de Espana alias gratis.

Royal Palace (Palacio Real)

Royal Palace (Palacio Real)

Royal Palace (Palacio Real)

Setelah menginjakkan kaki di Madrid, Anda wajib banget mengunjungi Palacio Real. Jika Inggris memiliki Buckingham maka Palacio Real adalah Buckingham-nya Spanyol. Istana ini memiliki status sebagai official residence dan menjadi lokasi resmi untuk tempat tinggal dari keluarga kerajaan.

Meskipun begitu, Palacio Real tidak benar-benar ditinggali oleh keluarga kerajaan Spanyol. Gedung ini lebih berfungsi sebagai tempat untuk melakukan acara-acara penting kenegaraan seperti upacara maupun resepsi kenegaraan.

Keindahan istana ini tak terbantahkan. Setiap bagian dari kompleks Palacio Real memiliki keunikan tersendiri. Seperti pada halamannya yang luas serta beberapa taman cantik di sekitarnya. Nah, jika Anda masuk ke dalamnya, akan menemui berbagai hal unik. Diantaranya ruang tahta, tangga besar, koleksi pakaian zirah, serta pada bagian farmasi terdapat berbagai ramuan yang aneh.

Yang perlu Anda ketahui terkait jadwal operasional tempat wisata Madrid ini adalah adanya perbedaan jadwal pada bulan Oktober sampai Maret. Yaitu pada hari biasa jam 10 pagi hingga 5 sore, sedangkan pada hari Minggu dan hari libur, istana dibuka jam 9 pagi dan tutup jam 2 siang.

Nah, beda lagi jika Anda mengunjungi Palacio Real di bulan April sampai September. Jam operasionalnya adalah mulai 9 pagi hingga 6 petang di hari biasa. Untuk hari Minggu dan hari libur istana dibuka jam 9 pagi hingga 3 sore. Tiketnya sendiri berharga 8 Euro atau setara dengan 115 ribu rupiah. Jika butuh pemandu maka dikenakan biaya 10 Euro atau 144 ribu rupiah.

Stadion Santiago Bernabeu

Stadion Santiago Bernabeu

Stadion Santiago Bernabeu

Rugi banget jika Anda ke Madrid tapi tidak mengunjungi Stadion sepak bola markas Real Madrid ini. Bagi penggemar berat FC Real Madrid, Stadion Santiago Bernabeu adalah tempat wisata Madrid yang wajib dikunjungi.

Stadion ini mengadakan pertandingan yang pertama tahun 1947 antara Real Madrid melawan Os Balenenses Portugis. Pada waktu itu, Stadion Bernabeu adalah yang terbaik  dan paling modern. Anda tidak hanya bisa menyaksikan pertandingan sepak bola saja, akan tetapi bisa menjelajahi stadion di bagian dalamnya.

Anda diperbolehkan untuk melakukan tur keliling tempat wisata Madrid yang satu ini termasuk ke Press Room, Presidential Box, dan juga pemajangan piala. Terdapat juga ruang ganti pemain serta museum yang menggambarkan sejarah Real Madrid secara utuh.

Kunjungan dapat dilakukan setiap hari mulai jam 10 pagi hingga 7 malam pada hari Senin sampai Jum’at. Sedangkan hari Minggu dan hari libur, stadion buka pukul setengah 11 pagi hingga setengah 7 malam. Sedangkan untuk tiket pertandingan sepak bola tarifnya adalah 30 sampai 120 Euro atau sekitar 433 ribu rupiah hingga 1,7 juta rupiah.

Segera buat list tempat wisata Madrid mana saja yang akan Anda kunjungi. Dan siapkan perlengkapan untuk bertandang ke Madrid. Happy Holiday!

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.