free web tracker
Beranda » Blog » 5 Tempat Wisata Cordoba yang Bersejarah dan Tak Boleh Terlewatkan

5 Tempat Wisata Cordoba yang Bersejarah dan Tak Boleh Terlewatkan

5 Tempat Wisata Cordoba yang Bersejarah dan Tak Boleh Terlewatkan

Jika Anda pernah membaca buku tentang sejarah peradaban Islam pasti tidak asing dengan Kota Cordoba. Yap, kota ini pernah menjadi Ibukota Andalusia pada masa kekhalifahan Umayyah. Cordoba merupakan kota yang kaya akan peninggalan sejarah dan menjadi awal mula bagi peradaban Eropa. Wah, keren ya?

Kota yang berada di Spanyol ini pernah menjadi kota yang paling padat di dunia pada abad ke-10. Beragam pusat pendidikan serta ilmu pengetahuan berkembang dengan pesat di Cordoba. Nah, jika Anda berencana menghabiskan liburan di kota ini, Anda akan disuguhi dengan pemandangan bangunan indah hasil akulturasi kebudayaan Eropa dan Islam. Tempat wisata Cordoba yang sarat akan nilai sejarah ini bisa memanjakan mata ketika Anda berkunjung ke sana.

Apa saja tempat wisata Cordoba yang perlu Anda singgahi? Berikut ulasannya untuk Anda:

Medina Azahara

Medina Azahara

Medina Azahara

Obyek wisata yang satu ini berlokasi sekitar 8 kilometer di sebelah barat Cordoba. Lebih tepatnya berada di lereng Pegunungan Sierra Morena. Mediba Azahara kerap disebut sebagai Istana Versailles Abad Pertengahan. Secara harfiah, nama ‘Medina Azahara’ berarti kota yang bercahaya.

Kota ini berlindung di bawah benteng yang kokoh yang dibangun pada masa Khalifah Abd-Ar Rahman III Al-Nasir di tahun 936. Pada masa itu, Medina Azahara menjadi ibu kota Andalusia dari pemerintahan Muslim yang ada di Spanyol.

Istana yang memiliki luas total mencapai 112 hektar ini terdiri dari beberapa komponen bangunan penting meliputi masjid, reception halls, kantor administrasi dan pemerintahan, tempat tinggal raja, barak tentara, taman, pemandian, dan sumber air yang berasal dari Aquaduct. Di sini, Anda seakan merasakan aura kejayaan Islam pada waktu itu.

Di Medina Azahara terdapat museum yang menyajikan cerita bersejarah mulai dari pembangunan kota tersebut hingga koleksi barang seperti keramik, cangkir, piring dan masih banyak lagi. Anda juga bisa menonton video yang merekonstruksi keadaan kota ini pada masa keemasannya.

Mezquita de Cordoba

Mezquita de Cordoba

Mezquita de Cordoba

Ya, sesuai dengan namanya ‘Mezquita’ yang berarti Masjid, Mezquita de Cordoba artinya Masjid Cordoba. Saat ini sudah dialihfungsikan menjadi Katedral. Meskipun begitu, arsitektur bangunannya masih kental dengan aura kebudayaan Islam. Bahkan, interiornya didominasi oleh kaligrafi tulisan arab. Kemegahan Mezquita de Cordoba bisa dilihat dari jumlah pilar pada bangunan ini yang mencapai 850 buah pilar.

Pada setiap gerbang masjid terdapat batu merah dan putih yang menjadi salah satu inspirasi desain interior pada bangunan lain di Spanyol. Di masa kejayaan Islam, aktivitas di dalam masjid sangat marak. Jumlah lampu yang menerangi seisi masjid berjumlah 4.700 buah dengan menghabiskan hingga 11 ton minyak setiap tahun.

Sedangkan pintunya berjumlah 9 buah dan terbuat dari tembaga kuning, salah satunya yang paling istimewa terbuat dari emas murni. Anda bisa membayangkan dan menyaksikan betapa megahnya bangunan ini.

Meskipun, Mezquita de Cordoba telah menjadi Katedral resmi dengan nama Cathedral of St. Mary of the Assumption, arsitekturnya masih serupa dengan masjid yang memiliki ciri khas gapura yang berbentuk tapal kuda. Kombinasi cat putih dan merah menjadikan tempat wisata Cordoba yang satu ini menjadi begitu unik.

Jembatan Romawi

Jembatan Romawi

Jembatan Romawi

Tempat wisata Cordoba yang mesti Anda sambangi berikutnya adalah Jembatan Romawi. Tempat ini bisa dikatakan menjadi salah satu icon Kota Cordoba, usia bangunannya sudah sangat tua tapi masih kokoh.

Menurut sejarah, jembatan yang melintang di atas Sungai Guadalquivir ini dibangun saat Cordoba masih dikuasai oleh Bangsa Romawi tahun 1 SM. Meski telah beberapa kali mengalami rekonstruksi, namun sebagian besar bangunannya berasal dari abad 8 oleh bangsa Moor.

Untuk menikmati keindahan tempat ini, waktu yang paling tepat adalah di senja hari saat matahari mulai tenggelam, karena Jembatan Romawi ini akan tampak berwarna merah-keemasan. Suasana pun menjadi sangat romantis. Nah, tempat wisata Cordoba ini juga bisa menjadi pilihan destinasi terbaik untuk honey moon bersama pasangan Anda.

Jewish Quarter

Jewish Quarter

Jewish Quarter

Pada masa kekhalifahan Islam di wilayah Cordoba, penduduknya diberikan kebebasan dalam beragama. Tidak luput juga bagi umat Yahudi. Ketika Cordoba menjadi pusat perkembangan ilmu pengetahuan, maka datanglah umat Yahudi dari seluruh dunia untuk mencari ilmu. Wilayah Jewish Quarter juga merupakan salah satu Kota Tua Yerussalem.

Tempat wisata Cordoba yang satu ini dikenal sebagai Juderia atau perkampungan Yahudi. Jewish Quarter sangat iconic di Kota Cordoba. Terbentang dari Mezquita de Cordoba ke barat laut hingga Avenida del Gran Captain, kawasan ini merupakan gang sempit dengan bangunan di berbagai sisinya.

Di daerah ini terdapat Sinagog (tempat ibadah bagi umat Yahudi) yang menjadi satu-satunya di Andalusia yang sudah ada sejak abad ke-14. Ada juga Casa Andalusia atau rumah yang berisi benda kebudayaan Islam abad pertengahan dan juga mosaic Bangsa Romawi.

Alcazar de los Reyes Cristianos

Alcazar de los Reyes Cristianos

Alcazar de los Reyes Cristianos

Salah satu tempat penting di Cordoba ini dahulu digunakan sebagai rumah raja Spanyol, kediaman gubernur Romawi, serta tempat tinggal Khalifah Moor. Alcazar de los Reyes Cristianos dibangun di tepi sungai Guadalquivir, tepatnya di sebelah barat daya Casco Antiguo (kota tua).

Letak Alcazar ini hanya beberapa langkah dari Quarter Yahudi yang indah. Anda bisa dengan mudah menemukan tempat ini ketika berjalan melalui gang sempit di pusat sejarah. Di tempat ini juga terdapat artefak peninggalan Bangsa Romawi, Moor hingga Katholik.

Di dalam Alcazar terdapat aula upacara di galeri yang sebagian besar dindingnya ditutup mosaic Romawi. Hal tersebut menambah keunikan pada elemen-elemennya. Pada halaman di luar bangunan dihiasi oleh taman besar yang memiliki gaya taman Moor.

Wah, ternyata Kota Cordoba benar-benar sarat dengan sejarah ya.. Jika Anda ingin melakukan perjalanan napak tilas sejarah Romawi, Islam, hingga Katholik, Cordoba menjadi lokasi yang pas untuk Anda kunjungi, diantaranya yaitu 5 tempat wisata Cordoba tersebut.

Selain tempat wisata Cordoba yang penuh dengan cerita sejarah, tak lengkap jika belum menyaksikan pertunjukan terkenal di kota ini. Diantaranya ada pertunjukan kuda yang diadakan di Royal Stables setiap hari Rabu, Jumat, Sabtu dan Minggu. Pertunjukan yang dimulai pukul 20.00 tersebut merupakan pertunjukan ketangkasan kuda Andalusia. Dalam beberapa atraksi, pertunjukan tersebut dipadukan dengan musik serta tarian Flamenco.

Pertunjukan yang tak kalah terkenal lainnya adalah Courtyard Festival di Bulan Mei setiap tahun. Sebab, di Bulan Mei, bunga-bunga sedang mekar. Sehingga Anda akan disuguhi pemandangan cantik dari berbagai bunga. Sejak 1921, Balai Kota selalu menjadi tempat diadakannya kompetisi courtyard tercantik.

Courtyard Festival

Courtyard Festival

Nah, menarik sekali obyek wisata di Cordoba ini, bukan? Jika Anda bertandang ke Spanyol, sisihkan waktu untuk mengunjungi Cordoba ya! Nikmati keindahan peninggalan bersejarah dari berbagai abad yang lampau. Selamat liburan!

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.