free web tracker
Beranda » Blog » 5 Hal Menarik Wisata Eropa Timur di Charles Bridge yang Wajib Anda Ketahui

5 Hal Menarik Wisata Eropa Timur di Charles Bridge yang Wajib Anda Ketahui

Kota Praha

Kota Praha

Eropa merupakan salah satu nama benua yang memiliki sejumlah pesona wisata keren yang menjadi andalan wisata para traveler. Salah satunya wisata-wisata indah yang ditawarkan di Kota Praha. Kota tua yang ada di Republik Ceko ini menjadi sentral wisata yang selalu ramai dipadati para pengunjung untuk menikmati suasana bangunan klasik, terutama wisata Eropa Timur di Charles Bridge.

Selain Kastil Praha yang fenomenal dengan menara indahnya, bangunan Charles Bridge juga tidak kalah menariknya. Bagi Anda yang ingin mengunjungi kemewahan Charles Bridge, nampaknya sejumlah informasi di bawah ini penting untuk Anda ketahui. Langsung saja, berikut penjelasan lengkapnya.

  1. Sejarah Charles Bridge
Charles Bridge

Charles Bridge

Pembangunan jembatan tua ini dimulai pada tahun 1357 dan dapat terselesaikan pada tahun 1402. Proyek pembangunan Charles Bridge disponsori oleh King Charles IV serta disupervisori oleh Peter Parler juga sedang melakukan pembangunan St. Vitus Cathedral.

Jembatan Charles ini memiliki panjang 621 meter serta lebar hampir 10 meter. Ukuran jembatan ini cukup lebar untuk 4 kereta kuda untuk melintas secara bersamaan. Charles Bridge memiliki menara di kedua sisinya yang digunakan untuk menjaga akses jalan masuk pengunjung.

Satu bangunan menara berada di sisi Old Town dan lainnya berada di Lesser Town. Menara pada sisi Old Town juga dikenal dengan sebutan Old Town Bridge Tower yang dibangun pada tahun 1370 hingga 1391. Bangunan menara ini dianggap sebagai salah satu bangunan sipil bergaya gothic yang paling menakjubkan di dunia.

Dua menara lainnya yang terletak di sisi Lesser Town disebut Lesser Town Bridge Tower yang merupakan gabungan dari Judith Tower dengan menara dengan puncak lebih tinggi yang dibangun pada tahun 1264 untuk mengimbangi bangunan menara pada sisi Old Town.

Dahulu, Judith Tower ini merupakan gerbang masuk ke Judith Bridge yang saat ini menjadi bagian dari wisata Eropa Timur di Charles Bridge setelah tersapu oleh banjir pada tahun 1342.

Selama lebih dari 3 abad, wisata Eropa Timur di Charles Bridge ini menjadi jembatan penghubung antara dua kota yang ada di tepi Sungai Vlatava yaitu bangunan Lesser Town dan Old Town. Dulu jembatan Charles ini merupakan jalan utama yang dipadati dengan lalu lintas, namun semenjak jembatan Charles mengalami perbaikan pada tahun 1965 hingga tahun 1978 saja, hanya pejalan kaki saja yang diperbolehkan melewati jembatan tersebut.

  1. Usia Charles Bridge
Charles Bridge

Charles Bridge

Jembatan tua yang menjadi pusat perhatian dunia wisata di Praha Republik Ceko ini ternyata memiliki usia yang sudah cukup tua. Jembatan istimewa ini sudah berusia sekitar 700 tahun loh. Pasti saat berdirinya wisata Eropa Timur di Charles Bridge Anda dijamin belum lahir saat itu kan?

  1. Fungsi Charles Bridge

Jembatan tua di Kota Praha ini berfungsi untuk dua distrik bersejarah yaitu Lesser Town dan Old Town. Hal ini membuat Charles Bridge menjadi jalan utama para wisatawan ingin berlibur ke Kota Praha sekaligus menikmati beberapa tempat wisata keren di Praha.

Dengan kata lain, Charles Bridge ini memiliki fungsi yang lebih dari sekedar jembatan penyeberangan saja, Charles Bridge juga berfungsi menghubungkan dua tempat wisata ternama di Praha yaitu Kastil Praha dan Old Town. Ibarat sekali mendayung, dua tiga pulau akan terlampaui. Hal inilah yang akan Anda dapatkan saat mengunjungi Charles Bridge ini.

  1. Ciri Khas Charles Bridge
Charles Bridge Statue

Charles Bridge Statue

Hal yang paling terkenal dan menjadi ciri khas dari wisata Eropa Timur di Charles Bridge adalah terletak pada 30 patung yang menghiasi kedua sisi jembatan dengan dipadukan gemerlap lampu cantik dengan gaya vintage.  Selain deretan 30 patung ini, tiga menara tua yang letaknya berada di kedua ujung jembatan juga semakin menambah kesan berbeda dan artistik pada jembatan.

Pengunjung bisa menyaksikan keindahan Kota Praha dari atas jembatan maupun dari puncak menara ini. Bisa terbayang kan bagaimana serunya menyaksikan deretan rumah Praha dengan ciri khas atapnya yang berwarna-warni dari atas puncak menara? Tentu saja sangat menarik bukan?

  1. Mitos Wisata Eropa Timur di Charles Bridge
Charles Bridge Dog Statue

Charles Bridge Dog Statue

Jembatan Charles yang saat ini menjadi salah satu obyek wisata ternama di Kota Praha Republik Ceko ini memang memiliki daya tarik yang sangat kuat bagi para pengunjung. Sudah banyak hasil jepretan yang menjadikan sisi jembatan sebagai background gambar, alhasil gambar yang dihasilkan terlihat unik seperti cerita dalam negeri dongeng. Lengkap dengan bangunan menaranya, patung, hingga lampu bergaya klasik.

Deretan patung-patung yang berada pada sisi jembatan dan menjadi ciri khas kedua setelah bangunan menara cantiknya, kebanyakan patung-patung ini dibangun dengan Baroque style yang juga didukung dengan gaya lampu vintage di sepanjang sisi jembatan.

Salah satu patung yang paling terkenal dari tempat ini dikenal dengan nama patung St. John of Nepomuk. Patung tersebut ditambahkan pada tahun 1683 dan merupakan bangunan patung pertama di wisata Eropa Timur di Charles Bridge.

Menurut cerita mitos yang ada, St. John of Napemuk ini merupakan uskup besar yang disiksa sampai mati pada tahun 1393. Tubuhnya kemudian dilempar ke sungai dari atas jembatan. Kisah tragedi inilah yang kemudian digambarkan pada relief di bawah patung.

Menariknya, sempat ada mitos juga yang menyatakan bahwa jika menyentuh relief ini akan mendatangkan sebuah keberuntungan loh. Benar atau tidaknya belum bisa dipastikan ya, namanya juga mitos.

Patung lain yang juga banyak menarik perhatian adalah patung St. Lutgrade yang dibuat pada tahun 1710. Bukan hanya itu saja, masih ada dua patung yang terletak di Lesser Town yang dibuat pada tahun 1714. Patung satu menggambarkan tiga sains yaitu St. Velix of Valois, St. John of Mata dan St. Ivan. Sedangkan patung yang satunya lagi menggambarkan St. Vitus yang kakinya sedang dijilati oleh seekor singa.

Patung-patung tersebut serta 26 patung lainnya sebagian besar dibuat pada tahun 1700-an dan yang Anda lihat saat ini di wisata Eropa Timur di Charles Bridge adalah replikanya. Patung-patung ini mulai diganti sejak tahun 1965 sedangkan yang patung aslinya kini menjadi bagian dari pameran disebuah museum di Prague Exhibitation yang bernama Lapidarium.

Menarik sekali bukan mengenal keindahan wisata Eropa Timur di Charles Bridge dengan lebih dekat? Ini baru mengenal ceritanya saja ya, belum melihatnya secara langsung dengan mata kepala sendiri. Mendengar saja sudah sangat menarik dan menyenangkan, apalagi jika Anda bisa berdiri di atasnya? Bayangkan saja bagaimana rasanya, sudah pasti jauh lebih menyenangkan bukan?

Daripada semakin mengundang rasa penasaran, jauh lebih baik jika Anda mewujudkannya secara langsung ya! So, bagi Anda yang ingin berkeliling dunia sambil menikmati pesona wisata luar negeri terutama yang ada di Benua Eropa Timur, jangan sampai terlewatkan untuk mengambil sejumlah jepretan keren di atas puncak menara maupun di wisata Eropa Timur di Charles Bridge yang penuh pesona ini ya?

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.