free web tracker
Beranda » Blog » 5 Fakta Unik dari Wisata Eropa Timur di Astronomical Clock yang Wajib Anda ketahui

5 Fakta Unik dari Wisata Eropa Timur di Astronomical Clock yang Wajib Anda ketahui

Alun - Alun Kota Praha

Alun – Alun Kota Praha

Selamat datang di wisata Eropa timur di Astronomical Clock, jam dinding raksasa yang menyimpan banyak sensasi serta nilai history yang sayang untuk dilewatkan saat Anda berkunjung ke Eropa timur. Astronomical Clock memang berupa jam dinding besar tapi bukan sekedar jam dinding biasa, ada banyak fungsi dan banyak hal yang menjadikannya sebagai salah satu pusat perhatian para wisatawan.

Meski Prague/Praha mungkin tidak begitu terkenal dengan kota-kota lain yang ada di Eropa seperti Roma, London, Paris dan sebagainya, namun keberadaan jam memberikan kesan vintage tersendiri bagi Kota Prague/Praha. Jam ini menjadi sentral wisata di Prague yang cukup menyita perhatian traveler.

Di balik keindahan jam dinding raksasa ini, ada sejumlah fakta keren yang wajib Anda tahu, apa sajakah itu, simak sampai bawah ya! Inilah 5 fakta unik dari wisata Eropa timur di Astronomical Clock.

  1. Fungsi Utama Astronomical Clock Bukan Untuk Menunjukkan Waktu
Astronomical Clock

Astronomical Clock

Saat Anda diberikan pertanyaan dari fungsi benda yang disebut jam dinding, spontan Anda pasti akan menjawab fungsi utamanya untuk menunjukkan waktu bukan? Tapi ternyata tidak semua jam dinding difungsikan untuk hal itu, seperti Astronomical Clock ini, kok bisa?

Baru memulai mengupas fakta yang pertama saja sudah sangat menarik ya? Apalagi kalau sudah tahu semuanya, Anda mungkin akan tercengang dengan 5 fakta unik dari wisata Eropa timur di Astronomical Clock ini.

Astronomical Clock bukan difungsikan sebagai penunjuk waktu melainkan digunakan untuk menunjukkan pergerakan benda-benda di luar bumi. Apa coba benda-benda di luar bumi itu ? Ya, benar sekali, seperti bulan dan matahari.

Jam raksasa yang dibuat pada Zaman Medieval, yang notabene merupakan zaman dimana para pemikir-pemikir legendaris mulai bermunculan dan menghasilkan beberapa penemuan-penemuan yang luar biasa.

Pembuat atau penemu dari Astronomical Clock ini memang sengaja memiliki tujuan untuk memperlihatkan kepada penduduk setempat akan pergerakan benda-benda yang ada di langit seperti matahari dan bulan, hal ini karena penduduk saat itu belum memiliki kalender seperti sekarang ini.

Bagian dalam dari jam raksasa ini menunjukkan bagaimana orang-orang pada zaman tersebut memahami dunia mereka, yang pastinya berbeda dengan pemahaman Anda sekarang ini.

Jam raksasa yang berdiri pada abad ke 15 dan letaknya yang sangat strategis yaitu berada di Alun-alun Old Town Praha, Republik Ceko ini memang kental dengan nilai historinya. Tampilannya yang unik dan berbeda dari biasanya juga tidak kalah perannya dalam memikat para traveler.

Wajar saja jika banyak sekali wisatawan yang selalu bergantian mengunjungi tempat ini. Bisa Anda buktikan sendiri, wisata Eropa timur di Astronomical Clock selalu ramai dipadati pengunjung yang datang dari berbagai asal demi menyaksikan secara dekat pesona Astronomical Clock ini.

  1. Sempat Tersebar Issue Bahwa Pembuatnya Bunuh Diri di Jam Tersebut
Astronomical Clock

Astronomical Clock

Fakta kedua dari wisata Eropa timur di Astronomical Clock cukup menyeramkan dan banyak mengundang perhatian publik. Pada tahun 1961, jam raksasa ini dipercaya sebagai buatan Master Hanus. Para petinggi kota merasa bahwa jam raksasa ini sangat luar biasa dan sangat memikat. Petinggi kota tersebut juga sangat terpikat oleh keindahan Astronomical Clock dan meminta kepada Master Hanus untuk membuatkannya satu lagi.

Namun permintaan tersebut tidak dipenuhi oleh sang pembuat jam raksasa tersebut. Karena merasa stress, Master Hanus justru malah menjatuhkan dirinya ke dalam Astronomical Clock tersebut pada bagian belakang dimana tempat mesin penggerak jam berada dan Master Hanuspun meninggal seketika di sana. Mengerikan sekali kan jika hal ini benar adanya?

  1. Astronomical Clock Sudah Mengalami Pembaharuan
Astronomical Clock

Astronomical Clock

Dahulunya bangunan Astronomical Clock ini tidak semegah dan seindah seperti yang bisa Anda saksikan sekarang. Beberapa ornamen yang semakin mempercantik keindahan Astronomical Clock dibuat pada tahun 1410, salah satunya ialah 12 medallion dan ke 12 zodiak yang berada di bawah ham tersebut yang dibuat pada tahun 1865 oleh Josef Manes.

Bukan hanya itu saja, pada bagian bawah Astronomical Clock berupa kalender dial yang dibuat pada tahun 1490 dan dulunya, jam ini diganti secara manual yang dilakukan per harinya. Pada tahun 1566, jam raksasa ini akhirnya berfungsi secara mekanik sepenuhnya, termasuk penggantian hari dalam pergantian hari sudah tidak perlu dilakukan secara manual lagi.

Jam raksasa ini memiliki tiga komponen utama, komponen pertama adalah pada bagian dinding jam yang menunjukkan posisi bulan dan matahari di langit serta terjadinya fase Ekuinoks. The Walk of the Apostles merupakan mekanisme jam yang memperlihatkan patung yang bergerak.

Yang terakhir adalah penunjuk kalender dengan medali yang difungsikan untuk mewakili nama-nama bulan. Jam ini juga menggunakan berbagai simbol keangkuhan dan tulang kerangka sebagai simbol kematian.

Dibilang seram memang cukup seram keunikan fakta yang ada pada Stronomical Clock ini , namun pesonanya tidak kalah menarik untuk menjadikan tempat ini menjadi salah satu sentral wisata. Anda juga wajib menjadi salah satu traveler yang pernah mengunjungi wisata Eropa timur di Astronomical Clock ini ya!

  1. Saksi Perang Berdarah
Astronomical Clock

Astronomical Clock

Fakta mengejutkan dari wisata Eropa timur di Astronomical Clock yang ketiga ini juga tidak kalah mengerikannya dengan yang nomor dua. Jam raksasa yang sudah berumur sekitar setengah abad ini menjadi saksi bisu dari banyaknya peperangan yang terjadi yang melibatkan pertumpahan darah manusia. Salah satunya yaitu peristiwa Perang Dunia II yang cukup mencekam.

Pada akhir Perang Dunia II tepatnya pada tanggal 8 Mei 1945, Astronomical Clock sempat mengalami kerusakan yang cukup parah. Jam ini terkena tembakan langsung yang membuat ornamen zodiaknya menjadi rusak dan beberapa ornamen-ornamen dari jam raksasa ini hancur dibuatnya.

Hal ini terjadi akibat serangan yang diluncurkan oleh Nazi yang juga membuat bagian dalam Astronomical Clock mengalami kerusakan yang cukup serius. Karena beberapa kerusakan yang terjadi ini, akhirnya Astronomical Clock dibawa ke perusahaan bernama Hainz yang juga merupakan tempat ternama di Prague.

  1. Pargue Astronomical Clock Memiliki Atraksi
Astronomical Clock

Astronomical Clock

Bukan hanya sebuah jam dinding raksasa saja, wisata Eropa timur di Astronomical Clock juga menyuguhkan sebuah atraksi keren bagi para pengunjungnya. Tidak jauh berbeda dengan Jam Francy yang Anda lihat di jaman modern, dimana saat menunjukkan saat-saat tertentu aka nada ornamen-ornamen yang bergerak pada jam tersebut.

Wisata Eropa timur di Astronomical Clock juga memiliki pertunjukan yang serupa dengan hal itu. Pertunjukan ini disebut dengan The Apostle parade. Atraksi keren yang bisa Anda lihat secara langsung pada Astronomical Clock ini terjadi setiap jam 9 pagi hingga jam 11 malam.

Bagaimana? Anda semakin penasaran saja kan dengan jam raksasa yang satu ini? Tidak usah membendung penasaran terlalu lama, lebih seru lagi untuk merasakan lebih dekat pesona wisata Eropa timur di Astronomical Clock.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.