free web tracker
Beranda » Blog » 3 Tempat Wisata Di Ankara Turki yang Tidak Boleh Anda Lewatkan atau Menyesal Nantinya

3 Tempat Wisata Di Ankara Turki yang Tidak Boleh Anda Lewatkan atau Menyesal Nantinya

Ankara Turki

Turki adalah sebuah yang begitu unik dengan pesona keindahan alam yang tiada duanya. Disebut unik karena negara ini bukan hanya terletak satu benua, namun dua benua yaitu Eropa dan Asia. Tentu perpaduan peradaban antara budaya barat dan timur akan sangat kental di negara ini. Negara Turki juga memiliki segudang keindahan alam yang luar biasa cantik yang diakui oleh dunia.

Terbukti negara ini memiliki 11 situs warisan dunia yang diakui oleh UNESCO World Heritage yang tersebar dipelosok negeri. Turki juga menawarkan wisata religi dan sejarah yang menarik untuk Anda kunjungi.

Sering mendengar bahwa ibu kota negara Turki adalah Istanbul? Ternyata hal ini adalah salah. Ibukota Turki adalah Kota Ankara, kota terbesar kedua di Turki. Kota ini juga pusat pemerintahan sekaligus pusat perekonomian Turki. Kota Ankara terletak di Central Anatolia atau wilayah tengah negara Turki sehingga posisinya sangat strategis dalam menjadi pusat negara ini.

Bukan hanya kota Istanbul yang kaya akan objek wisata yang menawan, namun wisata Turki di Ankara juga tak kalah cantik untuk dijelajahi. Begitu banyak tempat wisata yang ada di ibu kota Turki ini, sehingga waktu sebulan pun rasanya tak akan cukup menjelajahi objek wisata yang ada negara ini. Berikut daftar wisata Turki di Ankara yang patut Anda kunjungi ketika melancong ke Turki.

  1. Anitkabir
Anitkabir Turki

Anitkabir Turki

Wisata Turki di Ankara yang patut untuk Anda kunjungi adalah objek wisata Anitkabir. Tempat ini juga mempunyai nama lain yaitu Attaturk Mausoleum. Tempat ini merupakan bangunan tempat disemayamkannya pendiri negara Turki modern, Mustafa Kemal Attaturk. Presiden pertama sekaligus pelopor lahirnya sekulerisme Turki yang mengakhiri sistem kekhalifahan islam Turki Usmani.

Bangunan Anitkabir ini begitu luas dan mewah, mirip dengan kemegahan bangunan-bangunan Yunanani atau pun Romawi pada masa kejayaannya.

Mustafa Kemal Attaturk meninggal pada tahun 1938 di Kota Istanbul pada usia 57 tahun, namun jasadnya baru dipindahkan ke Anitkabir setelah 15 setelah kematiannya. Menurut info yang beredar, jenazahnya tidak dikubur dalam tanah, namun hanya disemayamkan di dalam granit yang ada di dalam bangunan tersebut.

Anitkabir mempunyai lapangan yang sangat luas dan di sekelilingnya terdapat sebuah museum yang menyimpan benda peninggalan Mustafa Kemal dari masa anak-anak hingga meninggal. Attaturk sendiri sendiri merupakan julukan yang diberikan kepada Mustafa Kemal yang mempunyai arti bapak Turki.

Semua barang yang tersimpan di Anitkabir tersimpan dengan rapi dan beraturan menurut kronologisnya. Selain itu, pengaman untuk tempat ini juga begitu ketat, semua ruangan dijaga dan dikawal oleh pasukan berseragam militer.

Kemegahan tempat ini juga dapat diarsakan ketika Anda memasuki areanya, jalan masuk selebar 265 meter serta kanan kirinya berdiri 12n pasang patung singa yang pengukirannya seperti pada zaman Perunggu Hitti. Setelah melewati jalan masuk, maka Anda akan tiba dilapangan yang begitu luas dengan panjang 129 meter dan lebar mencapai 84 meter. Lapangan ini mampu menampung 15000 orang.

Di dalam Anitkabir terdapat sebuah batu kubur yang tak dapat dilihat secara langsung, karena ditutupi Batu Kotak Sarkofagus yang memiliki berat hingga 40 ton. Batu yang terlihat seperti bentuk peti mati namun ukurannya jauh lebih besar. Begitu megahnya tempat ini, sehingga tempat wisata Turki di Ankara ini justru tak terlihat seperti makam.

  1. Masjid Kocatepe
Masjid Kocatepe Turki

Masjid Kocatepe Turki

Jika Indonesia mempunyai Masjid Istiqlal yang terkenal kemegahannya, maka negara Turki mempunyai Masjid Kocatepe. Inilah masjid yang paling megah dan paling besar yang ada di Turki. Masjid ini tak boleh Anda lewatkan ketika sedang traveling ke Turki. Selain sebagai tempat ibadah, Masjid Kocatepe juga menjadi andalan wisata Turki di Ankara yang patut Anda kunjungi.

Masjid Kocatepe terletak di tengah Kota Ankara, karena posisinya yang strategis inilah yang membuat masjid ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan muslim saat berlibur ke Turki. Dibangun pada tahun 1967 hingga 1987, masjid ini menjelma menjadi landmark negara Turki yang paling tersohor. Ketika Anda masuk ke dalam masjid, Anda akan dihadapkan dengan ruang shalat yang begitu luas.

Ada banyak sekali ukiran indah yang menghiasi dindingnya. Hawa sejuk dari angin yang mengalir bebas dari pintu masuk masjid yang besar akan langsung menghantam tubuh Anda. Tak ketinggalan lampu Kristal mewah menghiasi langit-langit masjid ini.

Menengok kearah jendela, kaligrafi bertuliskan ayat-ayat suci Alqur’an terukir indah disana. Semakin terlihat sempurna karena kombinasi warna yang beraneka ragam. Uniknya lagi, wisata Turki di Ankara ini memiliki mimbar tak seperti pada umumnya masjid yang lainnya.

Mimbar Masjid Kocatepe terletak di atas tangga, jadi saat sang imam ingin berkhotbah maka diharuskan untuk menaiki tangga marmer untuk mencapai mimbar supaya terlihat oleh seluruh jamaah yang hadir.

Masjid Kocatepe memang pantas disebut sebagai masjid paling megah yang ada di Turki. Betapa tidak, dengan panjang 67 meter serta lebar 64 meter, masjid ini mampu menampung jamaah hingga 24.000 orang di dalamnya.

Masjid ini semakin menarik untuk Anda kunjungi karena pada bagian basement terdapat sebuah pusat perbelanjaan yang luas agar Anda bisa membeli beraneka raga,m barang menarik untuk dijadikan oleh-oleh.

  1. Masjid Haci Bayram
Masjid Haci Bayram Turki

Masjid Haci Bayram Turki

Jika Anda berkesempatan mengunjungi wisata Turki di Ankara, maka jangn lewatkan untuk mampir ke Masjid Haci Bayram. Masjid ini terletak di Ulus, sebuah tempat bersejarah yang pernah menjadi pusat dari Kota Tua Ankara.

Masjid ini terletak diperbukitan yang dibangun pada tahun 1477 untuk didedikasikan kepada Haji Bayram Veli. Ia adalah seorang sufi pendiri Tarekat Bayramiah. Lokasi masjid ini semua adalah kuil yang dibangun kaisar Romawi pada tahun 25-20 Sebelum Masehi. Sisa-sisa peninggalan kuil masih terlihat hingga sekarang.

Dalam perjalanannya, masjid ini pernah mengalami dua kali renovasi. Pada abad ke 16, masjid ini direstorasi oleh arsitek kenamaan Turki Usmani, Mimar Sinan. Lalu pada tahun 1714, cucu dari Haji Bayram melakukan lagi pemugaran terhadap masjid tersebut.

Walaupun waktu telah menggerusnya, eksistensi dari masjid ini justru semakin terkenal sehingga menjadi salah satu destinasi wisata Turki di Ankara yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Karakteristik bangunannya sangat kental menunjukkan gaya arsitektur pada abad 17 dan 18. Terlihat dari bentuk bangunannya yang begitu tinggi dan terkesan kaku.

Selintas dari sisi luar, kesan dari bangunan masjid ini justru menyerupai bentuk kastil. Dinding masjidnya tersusun dari material batu bata dengan pondasi batu, sementara warna dindingnya dibiarkan alami begitu saja.

Selain daya pikat dari tumpukan bata yang dibiarkan secara alami, objek wisata Turki di Ankara ini juga memperlihatkan motif lengkungan disetiap lubang jendela. Bentuk lengkungan tersebut dibuat dengan bagian ujungnya yang meruncing. Bentuk ini terlihat jelas pada bagian jendela yang atas. Jendela pada masjid ini dihiasi dengan ukiran yang bermotif tanaman.

Demikian 3 objek wisata Turki di Ankara yang mampu menarik banyak pengunjung lokal maupun mancanegara. Jadi, pastikan Anda untuk tidak melewatkan ketiga tempat yang sudah disebutkan tadi ketika memiliki kesempatan datang ke Turki ya

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.